Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Pemerintah ingin Membangun Trans Sumatra

BISNIS.COM, JAKARTA-Pemerintah mengungkapkan terdapat dua alasan pemerintah ingin merealisasikan jalan tol trans sumatra. Alasan pertama ialah jalan di Sumatra saat ini pada awalnya bukan dirancang untuk jalan transportasi kendaraan besar. Kedua jalan
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 26 Maret 2013  |  14:01 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-Pemerintah mengungkapkan terdapat dua alasan pemerintah ingin merealisasikan jalan tol trans sumatra. Alasan pertama ialah jalan di Sumatra saat ini pada awalnya bukan dirancang untuk jalan transportasi kendaraan besar. Kedua jalan trans sumatra bertujuan menguatkan ekonomi Sumatra sebelum pemerintah sepakat merealisasikan jalan trans Asia.

Asisten Deputi Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Perekonomian Wahyu Utomo mengungkapkan kehadiran jalan tol trans sumatra akan mendongkrak perekonomian sumatra. Ia menjelaskan alasan pemerintah ingin membangun jalan trans sumatra ialah jalan yang ada sekarang di Sumatra pada dasarnya merupakan jalan perkebunan.

"Kalau dihitung-hitung biaya tambal sulam perawatan jalan tersebut, pasti mahal.Kita butuh jalan yang kuat sehingga lebih baik membangun baru," ujar Wahyu baru-baru ini.

Ia menambahkan alasan lain pemerintah ingin merealisasikan jalan sepajang 2700 km tersebut ialah pemerintah terus dirayu untuk membangun jembatan selat malaka. Jembatan selat malaka itu merupakan salah satu jalur penghubung jalan trans Asia dari China hingga Jawa.

Ia mengungkapkan seandainya pemerintah menyetujui pembangunan jembatan malaka, maka ekonomi sumatra akan dengan mudah tertarik ke Malaysia.

"Di situ pentingnya kita menyiapkan infrastruktur Sumatra," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol trans sumatra
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top