Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROGRAM MDGs: Ditjen Cipta Karya Siapkan Anggaran Rp5,5 Triliun

BISNIS.COM, JAKARTA-Direktorat Pengembangan Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum menyiapkan anggaran Rp5,5 triliun pada tahun ini untuk mendukung percepatan capaian Millennium Development Goals melalui berbagai program di 33 provinsi
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 20 Maret 2013  |  16:30 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-Direktorat Pengembangan Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum menyiapkan anggaran Rp5,5 triliun pada tahun ini untuk mendukung percepatan capaian Millennium Development Goals melalui berbagai program di 33 provinsi se-Tanah Air.

Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Danny Sutjiono, mengatakan pagu anggaran tahun ini naik 57% dari tahun sebelumnya yakni Rp3,5 triliun.

Kenaikan itu disebabkan oleh banyaknya program yang dikejar guna meningkatkan kelayakan air minum di Tanah Air. Program tersebut yakni pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di 319 lokasi kawasan masyarakat miskin di perkotaan, 214 SPAM di ibu kota kecamatan, 225 SPAM di kawasan khusus pesisir dan 6 SPAM regional yang mencakup lintas kabupaten.

Tanpa merinci berapa nilai masing-masing proyek tersebut, Danny mengharapkan seluruh program itu dapat berjalan dengan menyerap anggaran hingga 97% atau Rp5,3 triliun.
"Kami harapkan program itu dapat mendorong program MDG’s [Millennium Development Goals] yang ditargetkan dapat tercapai pada 2015,” katanya, Rabu (20/3/2013).

Hingga saat ini, penyerapan anggaran masih berkisar 4%. Hal itu wajar karena biasa terjadi pada penyerapan pagu di awal tahun.

“Di awal tahun memang masih banyak tender-tender yang baru dipersiapkan, jadi wajar penyerapannya masih kecil. April nanti penyerapan akan mulai naik,” jelasnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air karya cipta mdgs ditjen

Sumber : Dimas Novitasari

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top