Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROGRAM MDGs: Ditjen Cipta Karya Siapkan Anggaran Rp5,5 Triliun

BISNIS.COM, JAKARTA-Direktorat Pengembangan Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum menyiapkan anggaran Rp5,5 triliun pada tahun ini untuk mendukung percepatan capaian Millennium Development Goals melalui berbagai program di 33 provinsi

BISNIS.COM, JAKARTA-Direktorat Pengembangan Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum menyiapkan anggaran Rp5,5 triliun pada tahun ini untuk mendukung percepatan capaian Millennium Development Goals melalui berbagai program di 33 provinsi se-Tanah Air.

Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Danny Sutjiono, mengatakan pagu anggaran tahun ini naik 57% dari tahun sebelumnya yakni Rp3,5 triliun.

Kenaikan itu disebabkan oleh banyaknya program yang dikejar guna meningkatkan kelayakan air minum di Tanah Air. Program tersebut yakni pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di 319 lokasi kawasan masyarakat miskin di perkotaan, 214 SPAM di ibu kota kecamatan, 225 SPAM di kawasan khusus pesisir dan 6 SPAM regional yang mencakup lintas kabupaten.

Tanpa merinci berapa nilai masing-masing proyek tersebut, Danny mengharapkan seluruh program itu dapat berjalan dengan menyerap anggaran hingga 97% atau Rp5,3 triliun.
"Kami harapkan program itu dapat mendorong program MDG’s [Millennium Development Goals] yang ditargetkan dapat tercapai pada 2015,” katanya, Rabu (20/3/2013).

Hingga saat ini, penyerapan anggaran masih berkisar 4%. Hal itu wajar karena biasa terjadi pada penyerapan pagu di awal tahun.

“Di awal tahun memang masih banyak tender-tender yang baru dipersiapkan, jadi wajar penyerapannya masih kecil. April nanti penyerapan akan mulai naik,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Dimas Novitasari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper