Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BAWANG NAIK Pengusaha Katering Ganti Bawang Bombay dan Seledri

BISNIS.COM, JAKARTA--Pengusaha katering memilih untuk mengganti penggunaan bawang putih dan merah dengan bawang bombay dan daun seledri. Hal ini terpaksa dilakukan karena adanya lonjakan harga. Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Ning

BISNIS.COM, JAKARTA--Pengusaha katering memilih untuk mengganti penggunaan bawang putih dan merah dengan bawang bombay dan daun seledri. Hal ini terpaksa dilakukan karena adanya lonjakan harga.

Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Ning Sudjito mengatakan penggunaan bawang merah sebagai bawang goreng dan bawang putih sebagai bumbu masakan diganti dengan bawang bombay.

"Mau tidak mau kami melakukan itu. Tentu saja akan mengurangi rasa masakan, tetapi konsumen harus bisa mengerti juga. Kalau dipaksakan kami bisa gulung tikar," kata Ning kepada Bisnis, Senin (18/3/2013).

Dia menambahkan selama terjadi kenaikan harga bawang ini keuntungan pengusaha katering rata-rata mengalami penurunan hingga 30%.

Ning menjelaskan penggunaan bawang merah dan putih sebagai bahan baku bumbu sebesar 10%. Rata-rata dalam sehari pengusaha katering menggunakan 10 kg bawang.

"Trik lainnya biasanya kami mencoba membujuk konsumen untuk mengganti menu mereka dengan masakan Cina. Kalau masakan Jawa biasanya membutuhkan banyak bawang sebagai perasa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Rio Sandy Pradana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper