Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL JORR W II: Pembebasan lahan hampir 100%

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Jasa Marga Tbk mengklaim  pembebasan lahan tol Jakarta Outer Ring Road West II Paket 3 antara Joglo-Ciledug sudah 99,9%.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 15 Maret 2013  |  18:22 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Jasa Marga Tbk mengklaim  pembebasan lahan tol Jakarta Outer Ring Road West II Paket 3 antara Joglo-Ciledug sudah 99,9%.

Pencapaian itu tejadi setelah dilakukan pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR) lahan seluas 300 meter persegi kepada Lumban Batu dan Dasmawai.

Perseroan mengungkapkan pembebasan lahan dua bidang tanah tersebut sudah sangat dinantikan. Hal itu disebabkan kedua bidang lahan di wilayah Petukangan Utara ini tepat berada di lajur utama dan lokasi Gerbang Ciledug Paket 3 Joglo- Ciledug.

Pelepasan hak ini disambut baik oleh PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) selaku pemilik konsesi Jalan Tol JORR W2.

Dengan progres pembebasan lahan ini PT MLJ mengejar rencana untuk menyelesaikan Paket I, II dan III pada bulan Juli 2013.

Adapun saat ini progres fisik seksi III sudah mencapai 61%. MLJ merupakan anak perusahaan Jasa Marga yang menjadi penyelenggara Jalan Tol JORR W II Utara (Kebon Jeruk-Ulujami).

Direktur Utama PT MLJ Sonhadji mengungkapkan pemerintah sudah bekerja keras untuk pembebasan lahan dan sudah menunjukkan kemajuan berarti.

Di paket I ada beberapa bidang yang belum bebas dan sedang ditangani Walikota Jakarta Barat. Paket II terdapat 2 bidang yang belum bebas, Paket III ini dari Joglo ke Ciledug Raya sudah 100%.

"Kami akan terus lanjutkan pengerjaan konstruksinya," paparnya kepada Bisnis Jumat (15/3/2013).

Sonhaji menambahkan progres fisik paket I sudah mencapai 70% masih terkendala lahan kuburan, dan beberapa bidang lahan yang sedang dalam pendekatan untuk eksekusi oleh Walikota Jakarta Barat.

Sementara paket II dengan progress fisik mencapai 75% masih menyisakan dua bidang, 1 bidang atas nama Seisimi di atas tanah PT Intercon dan bidang atas nama Ribut bin Kait diatas tanah PT Kopilas.

Saat ini sedang dilakukan musyawarah antara PT Kopilas dengan Pemda DKI.

Adapun jalan tol JORR W II memikili panjang 7,7 km ini akan menyempurnakan fungsi JORR sebagai suatu jaringan jalan yang berfungsi memecah lalu lintas yang saat ini menumpuk di dalam kota Jakarta.

JORR W2 ini terbagi dalam emapat paket yakni paket 1 : Kebon Jeruk – Meruya Selatan, Paket 2 : Meruya Selatan – Joglo, Paket 3 : Joglo – Ciledug, Paket 4 : Ciledug - Ulujami.

Jalan tol ini akan menghubungkan jalan tol Jakarta-Tangerang dengan JORR ke arah Selatan dan Timur, sehingga jalan tol ini akan memperlancar arus lalu lintas dari arah Bogor/Jagorawi ke arah Tangerang/Merak, dan sebaliknya.

Demikian pula untuk lalu lintas dari arah Cikampek yang akan menuju ke Tangerang/Merak tidak perlu melalui jalan tol dalam kota Jakarta yang saat ini sangat padat.

Dengan beroperasinya JORR secara penuh, maka kemacetan selama ini yang terjadi di Cawang dan Tomang akan dapat dikurangi, karena kendaraan tidak perlu melewati jalan tol dalam kota.

Dengan sempurnanya JORR, akan menjadi salah satu alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.  (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga jorr w2 pt marga lingkar jakarta
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top