Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKK MIGAS : Realisasi pemboran cukup mengkhawatirkan

JAKARTA  --  Deputi Pengendalian Perencanaan SKK Migas Aussie B Gautama mengatakan realisasi pemboran sepanjang tahun lalu cukup mengkhawatirkan.Menurutnya, pemboran sumur eksplorasi pada 2012 hanya terealisasi 119 sumur dari target 236 sumur.

JAKARTA  --  Deputi Pengendalian Perencanaan SKK Migas Aussie B Gautama mengatakan realisasi pemboran sepanjang tahun lalu cukup mengkhawatirkan.

Menurutnya, pemboran sumur eksplorasi pada 2012 hanya terealisasi 119 sumur dari target 236 sumur. Januari ini, dari target pemboran 21 sumur eksplorasi, hanya 5 yang terealisasi.

Kendala pemboran ini sebagian besar disebabkan oleh faktor eksternal di luar kendali SKK Migas. Salah satunya adalah kendala iklim investasi. Aussie mengatakan iklim investasi tahun ini tidak terlalu bagus akibat dibubarkannya BP Migas. 

“Sekarang tantangan kita, yakni SKK Migas adalah mengembalikan kepercayaan investor untuk kembali masuk dan investasi dalam pemboran eksplorasi,” katanya Rabu (13/2/2013).


Untuk meyakinkan investor, piihaknya berusaha dengan cara memperbanyak kelengkapan data dan memberikan kemudahan untuk peroleh blok eksplorasi.

“Ada banyak langkah yang bisa diambil untuk tunjukkan bahwa kisah eksplorasi masih jauh dari selesai. Kita juga kerja sama dengan Badan Geologi untuk data,” tambahnya.

Selain itu, sedikitnya realisasi pemboran sumur eksplorasi juga disebabkan banyaknya KKKS yang cepat menjustifikasi suatu daerah tidak prospektif. Misalnya, baru melakukan beberapa pemboran sumur eksplorasi, sudah menyerah lantaran tidak menemukan cadangan.

Padahal banyak sekali contoh, ada KKKS lain yang melakukan pemboran di daerah yang sebelumnya dikatakan tidak prospektif namun bisa menemukan cadangan.

“Jadi silahkan saja untuk yang pergi dan bilang tidak prospektif, tapi bisa saja mereka akan kehilangan prospek menemukan sesuatu yang bagus,” tegas Aussie.

Aussie mencontohkan, seperti wilayah kerja yang berada di Selat Makassar. Belakangan, ada KKKS yang ingin melepas wilayah kerja di Selat Makassar lantaran tidak bisa menemukan cadangan.

Menurutnya, wilayah Selat Makassar merupakan wilayah yang luas dan bahyak titik yang bisa dieksplorasi. “Sekarang untuk meyakinkan, kita akan tunjukkan data yang ada.” (dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper