Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI MIGAS: Kontraktor Kontrak Kerja Sama diultimatum

JAKARTA --Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tidak mencadangkan dananya untuk biaya pascatambang (Abandonment and Site Restoration/ASR) kemungkinan besar

JAKARTA --Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tidak mencadangkan dananya untuk biaya pascatambang (Abandonment and Site Restoration/ASR) kemungkinan besar tidak akan diberikan perpanjangan kontrak.

Deputi Pengendalian Keuangan SKK Migas Akhmad Syakhroza mengatakan saat ini ada sekitar sembilan KKKS yang belum mencicil dana cadangan untuk biaya rehabilitasi pascatambang. Padahal, kewajiban mencadangankan dana untuk ASR sudah menjadi best practice di dunia.

“Kalau tidak bayar pasti tidak akan diperpanjang, tapi kalau bayar, belum tentu diperpanjang,” kata Syakhroza di kantor SKK Migas di Jakarta, Senin (11/2/2013).

Adapun sembilan KKKS yang belum membayar ASR antara lain PT Chevron Indonesia Company (wilayah kerja West Pasir, Kalimantan Timur), PT Chevron Pacific Indonesia –Kuantan (Kuantan), PT Chevron Pacifik Indonesia- Siak (Siak).

Kemudian, ConocoPhillips Indonesia Inc.Ltd (Natuna Blok B), ExxonMobil Oil Indonesia Inc-B Block (Blok B, Sumatera Utara), ExxonMobil Oil Inc-NSO Blok (Sumatera Utara Offshore), Inpex (Attaka, Kaltim), Joa-ConocoPhillips (South Jambi) Ltd (South Jambi), dan Mobil Cepu Ltd (Blok Cepu).

Sampai 2012, ada 47 KKKS yang sudah mencadangkan dananya untuk ASR dengan nilai sebesar US$344,87 juta yang disetor melalui tiga bank milik BUMN. Adapun rinciannya, 11 KKKS setor melalui Bank Rakyat Indonesia dengan jumlah US$109, 85 juta, 13 KKKS setor melalui Bank Mandiri dengan jumlah US$120,05 juta dan 23 KKKS setor melalui Bank Negara Indonesia dengan jumlah US$114,96 juta.

“Totalnya sekitar US$344,87 juta. Masih ada sekitar US$1,37 juta yang sudah berkomitmen membayar, namun belum dibayarkan,” lanjutnya.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Others
Sumber : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper