Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENYALURAN KREDIT: Di Sumut, sektor pertanian tertinggi

MEDAN --Penyaluran kredit perbankan untuk sektor pertanian di Sumatra Utara hingga akhir tahun lalu mencapai Rp20,4 triliun atau bertumbuh 38,99% secara year on year.
- Bisnis.com 30 Januari 2013  |  18:52 WIB

MEDAN --Penyaluran kredit perbankan untuk sektor pertanian di Sumatra Utara hingga akhir tahun lalu mencapai Rp20,4 triliun atau bertumbuh 38,99% secara year on year.

Peningkatan tersebut tercatat paling tinggi dibandingkan dengan dua sektor utama lainnya yakni industri pengolahan serta perdagangan, hotel, dan restoran yang masing-masing sebesar 16,17% dan 34,09%.

Begitu pula bila ditilik secara month to month, dukungan kredit untuk industri sektor pertanian termasuk perkebunan pun mengalami peningkatan tertinggi di antara sektor utama lainnya dengan bertumbuh 15,42%.

Berdasarkan data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX, dari total penyaluran kredit di Sumatra Utara hingga Desember sebesar Rp131,58 triliun,  tiga sektor utama tersebut telah menguasai sekitar 60% kredit perbankan di Sumut.

Sektor perdagangan, restoran, dan hotel sebesar Rp32,61 triliun, disusul dengan kredit industri pengolahan Rp26,15 triliun, serta sektor pertanian/perkebunan Rp20,14 triliun.

Deputi Direktur Divisi Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Mikael Budisatrio mengatakan sebagai provinsi yang mengandalkan sumber daya alam seperti kelapa sawit, karet, kopi, dan tanaman pangan lainnya, tak mengherankan bila penyaluran kredit di sektor pertanian terbilang cukup tinggi.

“Dengan meningkatnya penyaluran kredit pada sektor- sektor ekonomi utama, pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan mendatang diperkirakan mengalami peningkatan,” tuturnya, Rabu (30/1/2013). (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Dewi Andriani

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top