Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KECELAKAAN TRANSPORTASI: KNKT Investigasi 256 Kejadian

JAKARTA--Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi 256 kecelakaan di seluruh moda transportasi dalam 6 tahun terakhir sejak 2007--2012 dan menerbitkan 956 rekomendasi keselamatan transportasi.Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan

JAKARTA--Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi 256 kecelakaan di seluruh moda transportasi dalam 6 tahun terakhir sejak 2007--2012 dan menerbitkan 956 rekomendasi keselamatan transportasi.Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan perincian 256 kali investigasi kecelakaan tersebut, yaitu 41 investigasi kecelakaan angkutan jalan, 44 investigasi angkutan kereta api, 31 angkutan laut, dan 140 investigasi angkutan udara, terdiri dari 82 kecelakaan dan 58 insiden serius.

"Jumlah rekomendasi keselamatan KNKT untuk seluruh moda sebanyak 956 rekomendasi, untuk jalan sebanyak 114, kereta api 187, laut 298, dan udara 357," katanya dalam konferensi pers laporan akhir tahun di Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Tatang mengatakan rekomendasi itu diberikan kepada pihak--pihak terkait dengan kecelakaan tersebut mulai dari Direktorat Jenderal terkait di Kementerian Perhubungan, operator (bus,bandara,pelayaran, kereta api), regulator sipil di negara lain, pabrikan, investigator body di negara lain, dan instansi lain seperti pemda atau Basarnas.

Tatang mengatakan dari keseluruhan data yang terungkap, terjadi penurunan rate of accident (RoA) dalam 6 tahun terakhir untuk seluruh moda transportasi. Hal ini menunjukan perubahan tingkat perbaikan keselamatan yang lebih baik. (spr) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hery Trianto
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper