Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KECELAKAAN TRANSPORTASI: KNKT Investigasi 256 Kejadian

JAKARTA--Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi 256 kecelakaan di seluruh moda transportasi dalam 6 tahun terakhir sejak 2007--2012 dan menerbitkan 956 rekomendasi keselamatan transportasi.Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan
Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 28 Desember 2012  |  12:20 WIB

JAKARTA--Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi 256 kecelakaan di seluruh moda transportasi dalam 6 tahun terakhir sejak 2007--2012 dan menerbitkan 956 rekomendasi keselamatan transportasi.Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan perincian 256 kali investigasi kecelakaan tersebut, yaitu 41 investigasi kecelakaan angkutan jalan, 44 investigasi angkutan kereta api, 31 angkutan laut, dan 140 investigasi angkutan udara, terdiri dari 82 kecelakaan dan 58 insiden serius.

"Jumlah rekomendasi keselamatan KNKT untuk seluruh moda sebanyak 956 rekomendasi, untuk jalan sebanyak 114, kereta api 187, laut 298, dan udara 357," katanya dalam konferensi pers laporan akhir tahun di Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Tatang mengatakan rekomendasi itu diberikan kepada pihak--pihak terkait dengan kecelakaan tersebut mulai dari Direktorat Jenderal terkait di Kementerian Perhubungan, operator (bus,bandara,pelayaran, kereta api), regulator sipil di negara lain, pabrikan, investigator body di negara lain, dan instansi lain seperti pemda atau Basarnas.

Tatang mengatakan dari keseluruhan data yang terungkap, terjadi penurunan rate of accident (RoA) dalam 6 tahun terakhir untuk seluruh moda transportasi. Hal ini menunjukan perubahan tingkat perbaikan keselamatan yang lebih baik. (spr) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top