Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelni siapkan KAPAL KHUSUS TERNAK

JAKARTA: Kementerian Perhubungan menargetkan pada tahun depan kapal khusus untuk mengangkut sapi atau ternak akan dioperasikan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) setelah dilakukan modifikasi kapal.
Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 25 Desember 2012  |  14:14 WIB

JAKARTA: Kementerian Perhubungan menargetkan pada tahun depan kapal khusus untuk mengangkut sapi atau ternak akan dioperasikan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) setelah dilakukan modifikasi kapal.

 
Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan komitmen menyediakan angkutan khusus ternak terutama sapi itu muncul setelah Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian beserta Kementerian BUMN.
 
“Kami sudah minta Pelni bagaimana caranya supaya bisa angkut [sapi], mereka sudah siap modifikasi kapal untuk ternak, selama ini kapal ngangkut sayur, ternak, orang, dan barang. Ini khusus sapi,” katanya di Jakarta, akhir pekan lalu.
 
Dia mengatakan langkah modifikasi kapal untuk sapi itu penting mengingat di negara lain seperti Australia dalam mengangkut sapi dilakukan dengan kapal khusus sehingga kondisi ternak itu sehat dan berkualitas di dalam kapal.
 
Menurut Menhub, nantinya kapal tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang guna menjamin kelangsungan kualitas dan berat badan dari ternak tersebut.
 
Dia mengakui selama ini angkutan bagi ternak menjadi satu masalah, terlebih dalam memenuhi kebutuhan daging nasional.
 
Selama ini angkutan ternak sapi dilakukan seadanya saja ditambah lagi karena pasokan ternak berasal dari peternak kecil.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top