Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CITILINK terbangi Denpasar-Balikpapan 2 kali sehari mulai 16 Desember

Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 17 Desember 2012  |  10:20 WIB
JAKARTA- Citilink, anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia Tbk, untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC) membuka rute baru yakni Denpasar-Balikpapan dua kali sehari mulai 16 Desember 2012.
 
Penerbangan dilayani untuk rute Denpasar-Balikpapan (DPS - BPN) pukul 14.40 dan 18.45, kemudian BPN - DPS pada pukul 16.45 dan 20.45 setiap harinya.
 
"Balikpapan adalah kota yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Hal ini juga yang mendorong tumbuhnya arus penumpang pesawat baik ke dan dari Balikpapan. Selama ini Citilink telah membuka rute penerbangan Jakarta - Balikpapan dan Surabaya-Balikpapan. Kini dengan semakin tumbuhnya arus penumpang dan meningkatnya kebutuhan akan transportasi udara dari dan ke Balikpapan, kami juga membuka rute Denpasar - Balikpapan," ujar CEO PT. Citilink Indonesia Arif Wibowo, Senin (17/12/2012).
 
Arif menambahkan pembukaan rute ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan baik warga Balikpapan dan sekitarnya ataupun warga Bali yang bertujuan untuk melakukan perjalanan secara langsung ke dua wilayah tersebut. Bali sebagai daerah tujuan wisata masih tetap menjadi pilihan bagi warga Kalimantan untuk menghabiskan masa liburan mereka, oleh karena itu keberadaan rute Denpasar - Balikpapan PP ini memiliki potensi yang cukup besar bagi Citilink.
 
Arif menjelaskan Citilink kini telah melayani 18 rute penerbangan pulang pergi yang dibagi menjadi 92 frekuensi penerbangan ke berbagai kota di wilayah Indonesia per harinya. 
 
VP Marketing dan Communication Citilink Indonesia Aristo Kristandyo mengatakan Citilink Indonesia membuka empat rute baru untuk mencapai target pendapatan Rp2 triliun sepanjang 2012.
 
Rute-rute baru yang akan dibuka Citilink yakni Jakarta-Denpasar pergi-pulang (pp) dan Denpasar-Balikpapan (pp dua kali), Jakarta-Makassar pp, dan Makassar-Balikpapan pp.
 
"Untuk rute Jakarta-Denpasar dan Denpasar-Balikpapan akan mulai dibuka pada 16 Desember, sedangkan Jakarta-Makassar dan Makassar-Balikpapan, akan dimulai pada 26 Desember 2012,"  kata Aristo.
 
Dia menjelaskan keempat rute baru ini sudah mendapat konfirmasi dari regulator, dan untuk rute-rute lainnya masih akan diajukan.
 
"Setidaknya pada awal 2013 kami sudah menambah kota yang diterbangi, karena masih banyak jatah yang diberikan regulator pada saat kami mendapatkan Air Operator Sertificate (AOC), misalnya rute Yogyakarta-Palembang-Pekanbaru," kata Aristo.
 
Dia menjelaskan penambahan rute baru ini akan dilayani pesawat baru yang akan datang yakni tiga unit Airbus 320 sehingga pada akhir tahun ini Citilink mengoperasikan 21 unit pesawat.
 
Dengan rute dan pesawat baru ini, imbuh Aristo, pihaknya optimistis dapat mengangkut hingga 4 juta penumpang hingga akhir 2012. Dengan demikian pendapatan ditarget sebesar Rp2 triliun.
 
"Kami menghitung target pendapatan dengan merata-ratakan harga per tiket dikali dengan target jumlah penumpang hingga akhir 2012," kata Aristo.
 
(faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top