Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KILANG LNG TANGGUH: Negosiasi Harga dengan Fujian Masih terkatung-katung

JAKARTA—Pemerintah belum bisa melanjutkan negosiasi  harga kontrak gas dari Kilang LNG Tangguh Papua Barat ke Fujian  China.
Fajrin
Fajrin - Bisnis.com 17 Desember 2012  |  16:15 WIB

JAKARTA—Pemerintah belum bisa melanjutkan negosiasi  harga kontrak gas dari Kilang LNG Tangguh Papua Barat ke Fujian  China.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Rubiandini mengatakan belum ada kemajuan mengenai negosiasi tersebut. Menurutnya, tim negosiasi yang rencananya akan berangkat ke Fujian, China akhir November lalu, batal berangkat.“Belum ada kemajuan, BP Migas keburu bubar,” kata Rudi kepada Bisnis hari ini,  Senin (17/12/2012), sembari mengatakan saat ini pihaknya belum tahu kapan akan melanjutkan proses negosiasi.Padahal sebelumnya, Mantan Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengatakan pengalihan Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (BP Migas) ke Satuan Kerja Sementara Pelaksana Usaha Hulu Migas (SKSP Migas) tidak membuat kegiatan investasi di hulu migas tertunda, termasuk negosiasi harga gas ke Fujian. Evita merencanakan, tim negosiasi akan berangkat akhir November lalu.Pengamat Energi dari ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan pembubaran BP Migas kurang tepat dijadikan argumentasi atas mundurnya negosiasi. Menurutnya, dalam hal ini, yang memiliki otoritasi negosiasi adalah Kementerian Teknis, yakni Kementerian ESDM.“Jika pun dibutuhkan BP Migas, kan sudah ada SKSP Migas. Saya kira kemungkinan negosiasi tetap bisa dilaksanakan, tim-nya kan ada tim khusus, jadi kalau ada tim khusus seharusnya bisa jalan, relevansinya terhadap BP Migas agak jauh ya,” kata Komaidi.  (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top