Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KERETA API JABODETABEK: Perlu tambahan 5 lintasan baru

Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  23:17 WIB
JAKARTA: Studi kelayakan kereta api Jabodetabek yang digarap Indonesia dan Korea melalui DOHWA Engineering memaparkan perlu adanya tambahan lima lintasan baru untuk jalur tersebut.
 
Kelima jalur baru dalam rencana induk itu adalah Stasiun Duri—Sunter, Kebayoran Lama—Kelapa Gading Barat,  Sunter Barat—Kali Sunter, Pluit—Kebayoran Lama, dan Kamal Muara, Penjaringan—Tanjung Priok.
 
Hal itu tertuang dalam Master Plan and Feasibility Study of the Jabodetabek Railway in Indonesia yang disampaikan oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) di Jakarta, 14 Desember 2012 bersama dengan pemangku kepentingan lain.
 
Perwakilan KOICA Indonesia Choi Sung Ho mengatakan studi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Korea melalui DOHWA Engineering.
 
Pelaksanaan kajian itu dilakukan sejak November 2011—Desember 2012 guna membuat usulan cetak biru dan studi kelayakan perkeretapian di lintasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.
 
“Jalur Jabodetabek merupakan jalur yang pergerakannya cukup padat sehingga studi ini merupakan upaya kami untuk membuat usulan,” katanya dalam forum diskusi hasil final Master Plan and Feasibility Study, Jumat (14/12/2012).
 
Selain usulan lima lintasan baru di Jabodetabek, hasil studi lain adalah rencana reformasi tujuh rute kereta api di Jabodetabek dengan panjang hingga 150 km.
 
Tak hanya itu, hasil studi juga memaparkan perlu peningkatan efisiensi operasional dan reformasi jalur kereta api lingkar Jakarta dan dua rute Bogor (75 km).  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top