Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INVESTASI: Modelez International siap tanam US$400 juta di Asia Pasifik

JAKARTA – Mondelz International, yang sebelumnya dikenal dengan nama Kraft Foods – sebuah perusahaan cokelat– melaksanakan program Cocoa Life dengan rencana investasi hingga US$400 juta selama sepuluh tahun ke depan di Asia Pasifik
Yeni H. Simanjuntak
Yeni H. Simanjuntak - Bisnis.com 29 November 2012  |  17:58 WIB

JAKARTA – Mondelz International, yang sebelumnya dikenal dengan nama Kraft Foods – sebuah perusahaan cokelat– melaksanakan program Cocoa Life dengan rencana investasi hingga US$400 juta selama sepuluh tahun ke depan di Asia Pasifik termasuk di Indonesia.

Cocoa Life diinisiasi berdasarkan program Cadbury Cocoa Partnership milik Mondelz International. Cocoa Life merupakan program Kraft Foods terkait dengan kakao berkelanjutan.

Devy Yheanne, Head of Corporate Affairs Kraft Foods, mengatakan Indonesia menjadi bagian dari program tersebut.

“Cocoa Life adalah ambisi yang cukup berani, tetapi sebagai  perusahaan produsen cokelat terbesar kami yakin ini merupakan langkah penting untuk mengubah kehidupan para petani coklat dan masyarakat sekitarnya untuk jangka panjang,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (29/11/2012).

Dia menutrukan investasi tersebut wujud dorongan terhadap Indonesia untuk berkembang menjadi pemain utama dalam produksi kakao yang berkelanjutan.

Saat ini, katanya, pihaknya sedang dalam tahap mengevaluasi berbagai kemungkinan pada sejumlah  daerah di wilayah Asia Pasifik seperti di Indonesia yaitu Sumatera, Sulawesi, Papua Barat dan Papua Nugini serta beberapa negara di Kepulauan Pasifik, untuk tujuan investasi US$400 juta tersebut.

Menurutnya, Cocoa Life  memakai pendekatan kerja sama yang menguntungkan  bagi  kedua belah pihak serta memberikan manfaat kepada masyarakat petani.

Dia menjelaskan beberapa cara itu yaitu menciptakan pendapatan yang lebih tinggi sebagai hasil pertanian yang lebih produktif,  pemberdayaan masyarakat, menyediakan sumber penghasilan sekunder, menginspirasi generasi muda, serta melindungi lingkungan.

Devy menuturkan Cocoa Life akan menjangkau lebih dari 200.000 petani kakao di enam negara.

"Keluarga perusahaan Mondelz International memiliki ambisi yang tinggi yaitu guna menginspirasi generasi muda petani  cokelat, maka kami perlu mengubah industri kakao dengan menciptakan berbagai manfaat sepanjang rantai produksi.”

Menurutnya, untuk mencapai tujuan itu dengan menempatkan petani cokelat sebagai pusat dari sebuah pendekatan holistik yang diciptakan bersama mitra Kraft Foods yaitu petani, masyarakat, pemerintah, LSM dan  para pemasok. (Foto:popsop.com) (msb)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sepudin Zuhri

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top