Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBATASAN BBM: Bayangi Industri Mobil 2013

JAKARTA: Pembatasan subsidi bahan bakar minyak menjadi kendala terbesar bagi industri kendaraan roda empat pada tahun depan.Juwono Andrianto, Sekjen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan beberapa faktor dapat mendukung

JAKARTA: Pembatasan subsidi bahan bakar minyak menjadi kendala terbesar bagi industri kendaraan roda empat pada tahun depan.Juwono Andrianto, Sekjen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan beberapa faktor dapat mendukung ekspansi penjualan mobil pada 2013. Faktor tersebut a.l. pertumbuhan ekonomi yang stabil pada 6--7% dan pertumbuhan kelas menengah sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.Selain itu, juga ada faktor suku bunga murah yang mendukung penjualan mobil secara kredit. "Beberapa produsen mobil juga melakukan ekspansi produksi ke Indonesia," ujarnya dalam seminar Economic Outlook Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia, Kamis (13/9).Meski demikian, lanjutnya, kebijakan pembatasan subsidi bahan bakar minyak akan menghambat penjualan mobil. "Dengan isu pembatasan subsidi BBM, penjualan mobil hanya tumbuh 10%--15% dibandingkan dengan tahun lalu," ujarnya.Dengan proyeksi tersebut, penjualan mobil diprediksi akan menembus 1,15 juta unit pada 2013, dibandingkan dengan tahun ini yang optimis dapat menebus 1,05 juta unit. "Penjualan masih akan didominasi oleh segmen multi purposes vehicle 4x2," ujarnya.(api) 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper