Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Kementerian di Bawah Koordinasi Kemenko Perekonomian, Ini yang Terbaru

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang memimpin Kabinet Merah Putih telah mengumumkan daftar kementerian beserta menteri dan wakil menterinya.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan paparan saat wawancara dengan redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Senin (30/9/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan paparan saat wawancara dengan redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Senin (30/9/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang memimpin Kabinet Merah Putih telah mengumumkan daftar kementerian beserta menteri dan wakil menterinya. 

Tidak terkecuali adanya perubahan daftar kementerian koordinator yang sebelumya berjumlah empat pada pemerintahan Jokowi. Kini, Prabowo melakukan penyesuaian kemenko menjadi tujuh kementerian. 

Salah satu kementerian yang tetap, yakni Kementerian Koordinator bidang Perekonomian juga tetap dipimpin oleh Airlangga Hartarto.

Meski demikian, terdapat perubahan kementerian teknis yang koordinasinya berada di bawah Kemenko Perekonomian.

Hal tersebut seiring dengan peniadaan Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi. Dengan demikian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM), Kementerian Investasi, dan Kementerian Pariwisata kini bergeser koordinasinya ke Kemenko Perekonomian.

"Sebagian penugasan Marves di bidang energi, investasi, pariwisata di Kemenko Perekonomian," ujar Airlangga, Senin (21/10/2024).

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 139/2024 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kementerian Negara Kabinet merah Putih Periode Tahun 2024-2029, Kemenko Perekonomian kini membawahi 7 kementerian.

Dalam beleid tersebut, Kemenko Perekonomian kini tercatat akan berkoodinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kemudian, Kemenko Perekonomian juga akan membawahi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Pariwisata, dan instansi lain yang dianggap perlu.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kini sudah tidak tercatat menjadi lembaga yang berkoordinasi dengan Kemenko Perekonomian atau Kementerian koordinator lainnya.

Selaian Kemenkeu, lembaga lain yang kini sudah tidak berkoodinasi dengan Kemenko Perekonomian adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Pertanian.

Sebelumnya, kementerian-kementerian tersebut berada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian berdasarkan Perpres No 67/2019 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kementerian Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Berikut daftar menteri teknis di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian:

Menteri Ketenagakerjaan – Yassierli 

Menteri Perindustrian – Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Perdagangan – Budi Santoso 

Menteri ESDM - Bahlil Lahadalia 

Menteri BUMN – Erick Thohir 

Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM – Rosan Roeslani 

Menteri Pariwisata – Widyanti Putri


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper