Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KTT G8 DIBUKA: Obama bakal ungkapkan ide penuntasan krisis Eropa

JAKARTA: Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengemukakan tindakan-tindakan spesifik yang bisa dilakukan Eropa dalam mengatasi krisis utang pada KTT G8 yang dimulai Jumat, 18 Mei 2012.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Mei 2012  |  10:43 WIB

JAKARTA: Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengemukakan tindakan-tindakan spesifik yang bisa dilakukan Eropa dalam mengatasi krisis utang pada KTT G8 yang dimulai Jumat, 18 Mei 2012.

Penasihat keamanan nasional Obama Tom Donilon mengatakan keputusan akhir untuk menyelamatkan zona euro berada di tangan para pemimpin benua itu sendiri dan mengatakan pertemuan puncak Uni Eropa menjulang pada 23 Mei.

Berikut pernyataan-pernyataan Tom Danilon:"Amerika Serikat menyambut baik diskusi dan perdebatan yang berkembang di Eropa tentang pentingnya lapangan pekerjaan dan pertumbuhan," kata Donilon sehari sebelum pemimpin G8 tiba di peristirahatan Presiden di Camp David, Maryland.

"Amerika Serikat memiliki kepentingan sangat signifikan terhadap hasil diskusi ekonomi di Eropa dan langkah-langkah yang dimbil di Eropa.

"Uni Eropa secara keseluruhan, tentu saja, adalah mitra datang terbesar Amerika Serikat," katanya.Obama akan berangkat ke Camp David setelah pembicaraan pertamanya di Gedung Putih, Jumat, dengan presiden baru Prancis Francois Hollande yang memenangkan Pemilu dan berjanji memfokuskan kebijakan fiskal Eropa dari penghematan hingga pertumbuhan.

Pemimpin AS menyatakan baru-baru ini bahwa resep tindakan-tindakan stimulasinya yang diperkenalkan pada 2009, membantu ekonomi AS kembali ke pertumbuhan moderat dan terhindar dari dampak krisis keuangan Eropa.

Donilon mengatakan meskipun menyambut baik pembicaraan tentang kebijakan-kebijakan berorientasi pertumbuhan, Obama tidak berniat mengeksploitasi perbedaan-perbedaan mengenai isu tersebut. 

"Saya pikir akan ada diskusi, saya percaya, tentang langkah-langkah khusus yang mungkin diambil untuk langkah kedepan. 

"Topik pembicaraan ini akan mengenai satu koheren dan tujuan umum dalam menangani dengan baik krisis saat ini dan mendapatkan jalan menuju pemulihan berkelanjutan," kata Donilon. 

Pemimpin G8 akan mengadakan diskusi utama mengenai masalah keuangan Eropa pada Sabtu, 19 Mei 2012 di Maryland, di luar Washington. 

Pada Jumat malam, diskusi di meja makan di Laurel Lodge Obama akan fokus mengenai pengembangan nuklir Iran menjelang pembicaraan antara pemimpin global dengan Republik Islam itu di Bagdad akhir bulan ini. 

Kelompok G8 merupakan perhimpunan negara-negara maju termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Italia, Prancis, Jerman, Jepang, dan Rusia. (Antara/spr)

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top