Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TENAGA KERJA: Ujian TKI ke Korsel lampaui jumlah tahun lalu

 

 

 

JAKARTA: Jumlah pendaftar ujian Employment Permit System Test of Proficiency in Korea bagi TKI yang akan bekerja di negara itu pada 2012 melampaui jumlah pendaftar tahun lalu.

 

Pada hari penutupan pendaftaran ujian tes kecakapan Bahasa Korea itu, Kamis malam, 10 Mei 2012, tercatat jumlah pendaftar 28.723 orang.

 

Untuk jumlah pendaftar ujian pada tahun lalu hanya sekitar 19.919 orang.

 

Menurut Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Haposan Saragih, jumlah pendaftar ujian itu merupakan rekapitulasi dari 4 lokasi pendaftaran.

 

Pendaftaran itu di kampus Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta sebanyak 3.800 pendaftar dan di kampus IKOPIN Bandung ada 8.560 pendaftar.

 

Untuk pendaftar di kampus UPN Yogyakarta 10.754 orang dan di kampus Universitas Dr Sutomo Surabaya sebanyak 5.609 orang.

 

”Untuk seleksi tes tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota TKI ke Korea Selatan sekitar 9.900 orang,” katanya, Jumat, 11 Mei 2012.

 

Dari jumlah tersebut, ada 8.900 orang di antaranya untuk bekerja di sektor manufaktur dan 1.000 orang untuk sektor perikanan.

 

”Kami berupaya mengajukan tambahan kuota lagi kepada Human Resources Development Service of Korea selaku penyelenggara ujian ini,” ungkapnya.

 

Hoposan menuturkan dalam surat HRD Korea No. EPST-990 tertanggal 12 April 2012 tentang Pengumuman Ujian EPS TOPIK 2012, disebutkan jumlah peserta yang lulus dapat berubah sesuai dengan kebutuhan di Korsel. (msb)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Jessica Nova
Sumber : Rochmad Fitriana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper