Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROYEK INFRASTRUKTUR prioritas dorong konektivitas

JAKARTA: Pemerintah menetapkan sejumlah proyek infrastruktur prioritas untuk meningkatkan konektivitas nasional pada 2013.Armida S. Alisjahbana, Menteri PPN/Kepala Bappenas, mengungkapkan Pra-Musrenbangnas 2012 merekomendasikan sejumlah infrastruktur

JAKARTA: Pemerintah menetapkan sejumlah proyek infrastruktur prioritas untuk meningkatkan konektivitas nasional pada 2013.Armida S. Alisjahbana, Menteri PPN/Kepala Bappenas, mengungkapkan Pra-Musrenbangnas 2012 merekomendasikan sejumlah infrastruktur prioritas di 6 koridor ekonomi untuk digenjot pada 2013."Infrastruktur penting untuk mendukung MP3EI dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi," ujar Armida dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2012, hari ini, Kamis, 26 April 2012.Berdasarkan hasil Pra-Musrenbangnas, terdapat kesepakatan untuk memfokuskan proyek infrastruktur jalan yang meretas isolasi kawasan pedalaman, menghubungkan 2 pusat pertumbuhan Papua, Manokwari-Sorong, dan mengembangkan kapasitas pelabuhan di Agats, Nabire dan Serui.Sesuai dengan kondisi geografisnya, kata Armida, pelabuhan menjadi infrastruktur vital untuk meningkatkan kapasitas logistik dan transportasi."Untuk koridor Maluku, pembangunan infrastruktur diarahkan untuk meningkatkan akses jalan, kapasitas pelabuhan di Jailolo, Halmahera Barat dan Tobelo, Halmahera Utara," kata Arimda.Selain itu, akses jalan juga akan dibangun untuk mendukung wilayah ekonomi, terutama sektor perikanan, misalnya di Morotai, Maluku Utara. Sementara di Nusa Tenggara, infrastruktur dikembangkan untuk menopang sektor peternakan dan pariwisata. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erlan Imran
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper