Antam operasikan kembali pabrik FeNi II

JAKARTA: PT ANTAM (Persero) Tbk mengumumkan pengoperasian kembali pabrik FeNi II setelah dilakukan optimasi pabrik sejak 21 Januari 2012.
News Editor | 12 April 2012 16:50 WIB

JAKARTA: PT ANTAM (Persero) Tbk mengumumkan pengoperasian kembali pabrik FeNi II setelah dilakukan optimasi pabrik sejak 21 Januari 2012.

 

 

Pengoperasian kembali pabrik FeNi II ditandai dengan dimulainya switch on pabrik pada hari ini, 12 April 2012, di Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara di Pomalaa, Sulawesi Tenggara.

 

 

Optimasi pabrik FeNi II dilaksanakan lebih cepat dari jadwal dengan estimasi biaya lebih kecil dari anggaran sebesar Rp187 miliar yang sebagian besar didanai oleh penerbitan obligasi Antam (IDX: ANTM; ASX: ATM; Antam) pada akhir 2011.

 

 

Setelah dilakukan switch on pabrik, beban listrik akan ditingkatkan secara bertahap hingga pengoperasian beban penuh pada bulan Mei 2012. Optimasi pabrik FeNi II bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan tingkat keselamatan operasional pabrik.

 

 

Direktur Utama Antam, Alwinsyah Lubis mengatakan optimasi pabrik FeNi II merupakan rangkaian dari peningkatan efisiensi dan keselamatan operasional pabrik Antam. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan proyek modernisasi dan optimasi pabrik FeNi I.

 

 

"Ini mencakup pembangunan PLTU berkapasitas 2 x 30MW, peningkatan kapasitas pabrik FeNi, pembangunan Rotary Kiln 4 serta upgrading fasilitas pendukung pabrik seperti jetty dan belt conveyor," katanya dalam siaran pers hari ini.

 

 

Optimasi pabrik FeNi II yang dilakukan selama 75 hari mencakup diantaranya penggantian furnace roof dengan menggunakan desain yang lebih baik serta optimasi dinding tanur (furnace sidewall) dengan melakukan penguatan pada instalasi pendingin copper cooler yang akan meningkatkan efisiensi penggunaan energi. (aph)

 

ANTAM SWITCHES ON FENI II SMELTING PLANT

Sumber : Aprilian Hermawan

Tag :
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top