Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPANSI EMITEN: Wika bangun pabrik beton di Kaltim

JAKARTA: PT Wijaya Karya Beton, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk, menyiapkan dana hingga Rp150 miliar untuk rencana pembangunan pabrik beton baru di Kalimantan Timur.Bambang Legowo, Direktur Wika Beton, mengatakan dana tersebut sudah termasuk pembelian

JAKARTA: PT Wijaya Karya Beton, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk, menyiapkan dana hingga Rp150 miliar untuk rencana pembangunan pabrik beton baru di Kalimantan Timur.Bambang Legowo, Direktur Wika Beton, mengatakan dana tersebut sudah termasuk pembelian lahan, yang diusahakan tidak jauh dari laut, karena bahan baku beton yang berupa batu dan pasir akan dikirim via transportasi laut dari Jawa maupun  Sulawesi.“Saat ini kami sedang mencari lokasi yang tepat, yang berada dekat dengan laut, di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur. Dana yang kami siapkan, termasuk dengan lahan, adalah sekitar  Rp120 miliar hingga Rp150 miliar,” katanya kepada Bisnis, Senin 12 Maret 2012.Dengan adanya tambahan pabrik ini, diharapkan kapasitas produksi beton dari Wika Beton meningkat dari total 1,85 juta ton per tahun, menjadi 2 juta ton per tahun. Pabrik di Balikpapan tersebut akan digunakan untuk memproduksi beton jenis pre-stress.Saat ini, perseroan memiliki 8 pabrik beton yang terdiri dari 2 pabrik di Sumatera, 5 pabrik di Jawa, dan 1 pabrik Sulawesi (Makassar).  Opsi pembangunan pabrik baru di Kaltim ini diambil lantaran potensi pembangunan infrastruktur di daerah tersebut cukup besar.“Langkah yang kami ambil selama ini, mengirim produk jadi beton dari Surabaya, menghabiskan biaya transportasi terlalu besar. Apalagi kami juga harus memenuhi  kuota berat pengiriman untuk mendapat tarif yang lebih murah, yang menyebabkan pengiriman tidak bisa cepat,” jelas Bambang.Dia menegaskan perseroan telah mengajukan izin terkait pembangunan pabrik ini ke Gubernur Kaltim. Dengan masa konstruksi yang memakan waktu kurang lebih 7 bulan, diperkirakan pabrik ini mulai beroperasi pada 2013. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper