Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HOLDING BUMN: PTPN III & IV jadi kandidat kuat

JAKARTA: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dan IV menjadi kandidat kuat induk usaha dalam holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perkebunan pada awal bulan depan.Sementara itu, PTPN V, VII, dan XIII yang akan menjadi anak usaha dalam holding

JAKARTA: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dan IV menjadi kandidat kuat induk usaha dalam holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perkebunan pada awal bulan depan.Sementara itu, PTPN V, VII, dan XIII yang akan menjadi anak usaha dalam holding tersebut dipersiapkan untuk melepas sebagian sahamnya di pasar modal pada tahun depan.Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan apabila terealisir, holding BUMN perkebunan ini berpotensi menjadi salah satu perusahaan perkebunan terbesar di dunia.“PTPN III dan IV memiliki kinerja terbaik dari BUMN perkebunan yang lain. PTPN III memiliki perkebunan paling beragam, sedangkan PTPN IV memiliki efisiensi yang paling baik,” ujarnya pada hari ini.Akhir pekan ini, nama calon final induk usaha itu akan diumumkan, sekaligus menyelesaikan draft peraturan pemerintahnya. “Pemilihannya pasti akan sulit mengingat kinerja mereka yang sama bagusnya.Bisa-bisa diundi untuk mendapatkan juaranya,” tutur Dahlan.Pekan berikutnya, pembentukan holding akan diajukan kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian, rencana itu akan diajukan kepada Presiden RI untuk disahkan pada pekan berikutnya.Setelah holding terbentuk, PTPTN V, VII, dan XIII akan dipersiapkan untuk menjadi perusahaan publik pada tahun depan.Dahlan enggan menyebutkan alasan tidak melepas saham induk usaha ke bursa melainkan ketiga BUMN tersebut. “Ini hanya bagian dari strategi bisnis saja,” ujarnya. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Fazrin
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper