Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Indonesia menggandeng Korea Selatan untuk membantu mengembangkan industrialisasi perikanan di Tanah Air.
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan Korsel akan membantu membangun industri perikanan di Tanah Air. Tujuan kerja sama itu untuk mendorong ekspor produk perikanan olahan.
 
Korsel, katanya, memiliki teknologi lebih maju seperti penangkapan ikan dari keramba jaring apung yang diharapkan dapat dikembangkan di Indonesia.
 
Menteri Cicip menyatakan kerja sama itu akan menguntungkan kedua belah pihak. Korsel, katanya, berkomitmen membawa pihak swasta ke Indonesia untuk duduk bersama dalam mengembangkan perikanan Indonesia.
 
Dia menambahkan Korea telah berkomitmen berpartisipasi dalam pembangunan MP3EI koridor Sulawesi yang akan dibicarakan pada semester I/2012. “Semester 1/2012, mereka [Korsel] akan memberikan proposal detail. Ini yang sedang didiskusikan dan didialogkan dengan investor.”
 
“Kita meminta Korea berpartisipasi di industri perikanan dalam negeri, selama ini mereka sebenarnya menikmati ekspor produk [mentah] asal Indonesia, untuk itu kita ajak mereka. Dan mereka sudah berkomitmen untuk itu,” jelasnya.
 
Menurutnya, Menteri Korea Selatan Suh Kyu Yong sudah berkomitmen untuk mengajak pengusaha swasta dari Korea membangun industri perikanan di Indonesia. 
 
Korsel akan fokus menggarap potensi di Sulawesi yang masuk ke dalam koridor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Menteri Cicip sebagai ketua MP3EI koridor Sulawesi. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper