Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemda didorong galakkan investasi di daerah

 
Tusrisep
Tusrisep - Bisnis.com 16 November 2011  |  15:52 WIB

 

BADUNG: Badan Koordinasi Penanaman Modal mendesak kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk lebih proaktif mempromosikan potensi daerah untuk kepentingan arus investasi.
 
Achmad Kurniadi,  Deputi Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mengatakan pemerintah daerah harus lebih mampu memperkenalkan potensi daerah untuk mengundang investor masuk ke wilayahnya. 
 
“Pemerintah daerah juga dipacu untuk mengadakan joint venture untuk pengembangan arus investasi,” katanya dalam jumpa pers agenda Asean Investment Forum dan Asean Business and Investment Summit yang akan dilaksanakan hari ini.
 
Dalam  pengembangan arus investasi, lanjutnya, pemerintah daerah tidak harus menerima modal sebagai investasi. Namun, pemerintah daerah pun juga harus mampu berinvestasi di daerah lain dengan berbagai metode. Mereka bisa menggunakan metode government to government ataupun
business to business.
 
Dia mencontohkan pemerintah dan pengusaha Jawa Timur yang menarik investasi asing ke wilayahnya dengan metode business to business. BKPM di Jawa Timur sudah mampu menjalin kerjasama dengan luar negeri. Bahkan, Pemprov Jatim sudah mampu mempertemukan antar pengusaha.
 
“Ini situai bagus dan seharusnya bisa ditiru daerah lain,”  ujar Achmad.
 
Jawa timur, lanjutnya, telah mampu secara mandiri mempertemukan pengusaha lokal dengan investor dari Abu Dhabi, Dubai dan sejumlah negara lain. “Banyak investasi asing sudah dijalankan melalui join ventura dengan pengusaha lokal,” katanya tanpa menyebut angka investasi.
 
Pemerintah daerah yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonominya hingga 7,12% ini terbukti sudah mampu menekan biaya promosi yang kadang tidak mudah. “BKPM berharap pemerintah daerah lain mampu menjalankan program seperti di Jawa Timur.”
 
Pada agenda ASEAN Summit di Nusa Dua, Kabupaten Badung Provinsi Bali, BKPM akan menggelar serangkaian pertemuan dan diskusi dengan para investor dan pimpinan badan investasi negara-negara anggota Asean. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top