Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Horee... Hura Rimba, hutan tempat bermain

 
Yeni H. Simanjuntak
Yeni H. Simanjuntak - Bisnis.com 13 November 2011  |  17:25 WIB

 

JAKARTA: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan meminta perusahaan tambang untuk membuat program untuk memperkenalkan kecintaan hutan kepada anak-anak sejak dini.
 
"Program seperti ini [Hura Rimba] agar diikuti oleh perusahaan tambang lainnya," ujarnya saat membuka Hura Rimba di Jakarta kemarin.
 
Dia menjelaskan banyak hutan yang rusak akibat penebangan liar, sehingga lebih dari 50% hutan di Indonesia rusak setiap tahun.
 
Data Kementerian Kehutanan mencatat kerusakan hutan di dalam negeri 700.000 hektare setiap tahun.
 
Kementerian Kehutanan dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk, perusahaan tambang batu bara, melakukan kegiatan Hura Rimba, Hutanku Taman Bermainku untuk memperkenalkan kecintaan hutan kepada anak.
 
Program itu berisi berbagai permainan anak-anak dengan nuansa hutan yang dibagi ke dalam zona air dan pohon, zona pohon dan udara, zona pohon dan ekonomi serta zona pohon dan energi.
 
"Ini adalah sosialisasi pentingnya menanam pohon, dan menjaga lingkungan agar perilaku berubah sehingga Indonesia hijau lagi," jelasnya.
 
Zulkifli menjelaskan kondisi kerusakan hutan di Indonesia sudah  parah dan sekarang dalam tahap pemulihan. "Karena itu, penting untuk menanamkan kesadaran sejak dini dalam memelihara lingkungan hidup."
 
Dari sisi pemerintah, lanjutnya, usaha pemulihan hutan dilakukan dengan tidak mengeluarkan izin penebangan pohon lagi. Selain itu, pemerintah juga terus menggiatkan program penanaman pohon.
 
Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kemenhut Iman Santoso mengatakan hutan rusak sudah turun menjadi 27-28 juta ha dibandingkan dengan sebelumnya 30 juta ha. Dia memaparkan luas hutan tanaman industri sekitar 2-3 juta ha. (ln)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top