Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan di segmen SUV kian sengit

JAKARTA: Persaingan pasar di segmen kendaraan sport utility vehichle (SUV) kelas atas (high) pada tahun ini kian sengit. Sedikitnya tiga pemain besar seperti Honda, Toyota dan Mitsubishi berebut tempat menjadi pemimpin pasar.Berdasarkan data Gabungan

JAKARTA: Persaingan pasar di segmen kendaraan sport utility vehichle (SUV) kelas atas (high) pada tahun ini kian sengit. Sedikitnya tiga pemain besar seperti Honda, Toyota dan Mitsubishi berebut tempat menjadi pemimpin pasar.Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan SUV secara nasional terus bertumbuh. Pada 2009, akumulasi penjualan baru mencapai 55.629 unit. Pada 2010, volume penjualan tersebut melonjak 46,23% menjadi 81.344 unit.Pada tahun ini, penjualan SUV diperkirakan mencapai 98.000 – 100.000 unit atau naik 20,48% - 22,93% dibandingkan dengan tahun lalu. Pada Januari – September, total penjualan SUV seluruh kelas dari para agen tunggal pemegang merek (ATPM) ke seluruh diler (whole sales) telah mencapai 73.828 unit.Khusus penjualan SUV kelas atas, yang dibanderol dengan harga Rp350 – Rp500 juta per unit, sementara ini didominasi oleh Honda CR-V 4x2, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner.Pada 9 bulan pertama 2011, Mitsubishi Pajero Sport baik tipe Dakar 4x2, 4x4, GLX, Exceed dan GLS masih menduduki peringkat kedua untuk SUV kelas atas dengan total penjualan sebanyak 10.554 unit, sedangkan Toyota Fortuner untuk seluruh tipe memimpin dengan total 12.953 unit. Sementara itu, Honda CR-V masih berada di posisi ketiga dengan total penjualan sebesar 9.540 unit.Jika pada sisa 3 bulan terakhir 2011 Mitsubishi mampu konsisten memasarkan 1.500 unit Pajero Sport, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku ATPM Mitsubishi, diperkirakan menjadi raja baru untuk segmen SUV high yang selama ini selalu dikuasai Honda CR-V.Pada 2010, dominasi Honda CR-V tak terbendung dengan total penjualan sebanyak 16.961 unit. Posisi kedua ditempati Toyota Fortuner dengan total penjualan sebesar 13.180 unit. Sementara itu, Pajero Sport yang baru diluncurkan pada 2009, telah meraih posisi ketiga dengan total penjualan pada 2010 sebanyak 9.280 unit.Direktur Pemasaran PT KTB Rizwan Alamsjah mengklaim pada tahun ini Mitsubishi dapat menguasai pangsa pasar SUV kelas atas dengan total pangsa pasar sebesar 28%. Dari seluruh model Pajero Sport, ujarnya, tipe 4x2 berkontribusi sebesar 54% dari total penjualan sedangkan tipe 4x4 sekitar 27%. "Kami yakin bisa kuasai pasar SUV high pada tahun ini," katanya hari ini.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper