Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merek Daihatsu, optimistis dapat melampaui target penjualan yang ditetapkan pada awal 2011 sebesar 125.000 unit menyusul terus bertumbuhnya volume penjualan mobil secara bulanan.
 
Berdasarkan angka penjualan whole sales (dari pabrik perakitan ke para diler) pada September, Daihatsu mencatatkan volume sebesar 12.723 unit atau meningkat 14,29% dibandingkan dengan penjualan pada Agustus sebesar 11.132 unit.
 
Meski angka penjualan Daihatsu pada September belum bisa melampaui penjualan pada Juli sebesar 14.107 unit, Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra berpendapat penjualan Daihatsu tumbuh dengan cepat pascalibur Lebaran. 
 
Terlebih, jelasnya, hari kerja pada September belum penuh karena sebagian masyarakat masih ada yang menikmati cuti Lebaran. Karena itu, dia yakin penjualan Daihatsu pada Oktober masih berpotensi menyamai angka penjualan pada Juli.
 
Dengan hasil yang diraih pada September, akumulasi penjualan Daihatsu pada 9 bulan pertama 2011 mencapai 100.384 unit, atau mencapai 15,9% pangsa pasar penjualan otomotif nasional yang mencapai 659.690 unit.
 
Domestic Marketing Head PT ADM Rio Sanggau menjelaskan pada pertengahan semester II/2011, mini MPV Daihatsu Xenia masih menjadi kontributor terbesar bagi penjualan Daihatsu. “Daihatsu Xenia memberikan kontribusi sebesar 48% atau 6.098 unit dari total penjualan Daihatsu [pada September],” jelasnya hari ini. 
 
Adapun, penjualan terbesar Daihatsu kedua ditempati oleh Daihatsu Gran Max (pikap dan minibus) sebagai produk kelas low commercial sebesar 30% atau 3.784 unit, sementara kontributor berikutnya adalah Daihatsu Terios yang mewakili produk kelas medium SUV dengan kontribusi sebesar 15% atau 1.977 unit sedangkan Daihatsu Luxio sebesar 626 unit (5%) dan Sirion 238 unit (2%).
 
Angka penjualan ritel Daihatsu pada September mencapai angka 11.268 unit atau 14,4% dari penjualan ritel nasional. ”Angka ini menurun 0,8% jika dibandingkan dengan penjualan ritel Agustus 2011 sebesar 11.569 unit,” ujarnya.
 
Namun, jika kinerja dilihat selama periode Januari – September 2011, penjualan ritel Daihatsu mencapai angka 100.926 unit atau 15,3% dari pangsa pasar ritel nasional pada periode yang sama. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper