Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sail Wakatobi-Belitong akan dihadiri Presiden

JAKARTA: Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011, melakukan inspeksi bersama dengan Menko Kesra Agung Laksono untuk melihat kesiapan puncak acara Sail Wabe 2011 di Kabupaten Belitung,

JAKARTA: Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011, melakukan inspeksi bersama dengan Menko Kesra Agung Laksono untuk melihat kesiapan puncak acara Sail Wabe 2011 di Kabupaten Belitung, tepatnya di Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung hari ini.Menurut Fadel, kegiatan inspeksi dilakukan untuk penyampaian informasi sekaligus pengecekan seluruh kesiapan puncak acara SWB. Puncak acara ini akan dilaksanakan pada 8 Oktober di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung dan rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pelaksanaan SWB mengangkat tema 'clean ocean for the future' untuk menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan lainnya menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai destinasi wisata nasional dan internasional. Selain itu untuk menciptakan the best sailing passage. Terakhir, menjadikan potensi Kepulauan Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan."Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi kepulauan akan didorong untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan sebagai prioritas dengan komoditas unggulan adalah rumput laut," ujarnya melalui siaran pers hari ini.Kegiatan SWB yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencakup Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya, Reli Kapal Layar (yacht rally), Seminar Nasional maupun Internasional, Kejurnas Olahraga Bahari, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, Festival Budaya dan Atraksi Wisata, dan Pameran Produk Kelautan dan Perikanan. Yacht Rally diikuti kapal yacht sebanyak 102 buah dan berlayar selama 3 bulan melewati perairan nusantara dan melewati 18 kota/kabupaten di Indonesia. Reli kapal yacht akan berakhir di Belitung untuk selanjutnya menuju Singapura.Destinasi peserta yatch rally ke beberapa daerah wisata ini diyakini dapat memberikan dampak langsung bagi masyarakat pesisir, sekaligus sebagai ajang promosi wisata bahari.Sementara itu, kegiatan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya akan menggunakan kapal rumah sakit TNI AL, KRI Dr. Suharso. Bakti sosial diberikan kepada masyarakat di wilayah Pulau Bangka, Belitung, dan sekitarnya dengan pelayanan kesehatan berupa pengobatan umum, pengobatan gigi dan mulut, operasi bibir sumbing, operasi katarak, operasi kecil dan besar, serta vaksinasi. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper