Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga (JSMR) Siap Divestasi Tol Semester I/2024, Cek Detailnya!

Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mengungkapkan rencana perseroan melakukan divestasi sejumlah saham PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT)
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) membagikan update terkait rencana perseroan melakukan divestasi sejumlah saham PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT).

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga, Pramitha Wulanjani, menuturkan bahwa pihaknya menargetkan rencana aksi korporasi tersebut ditargetkan akan dilakukan pada akhir Semester I/2024.

"Saat ini masih berjalan dan masih disiapkan dengan matang melalui proses diskusi dan finalisasi dengan seksama bersama calon mitra strategis dan juga para pemangku kepentingan," jelasnya dalam konferensi pers, Rabu (8/5/2024).

Sebagai informasi, aksi divestasi saham PT JTT dilakukan sebagai bentuk equity financing atau pembiayaan ekuitas sendiri yang merupakan proses peningkatan modal lewat penjualan sejumlah saham.

Kendati demikian, Pramitha tidak menyebut secara pasti ruas mana yang bakal dilepas PT JTT tersebut tahun ini. Hanya saja, sebelumnya santer dikabarkan JSMR bakal melepas ruas Tol Semarang - Batang.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Hedy Rahadian menjelaskan, rencana divestasi Tol Semarang - Batang tersebut dilakukan JSMR guna memperluas ekspansi kepemilikan ruas tol jalan baru yang dimiliki oleh Jasa Marga. 

"Yang kemarin itu yang ruas Semarang - Batang, itu yang dalam waktu dekat," tuturnya.

Sementara itu, dalam pemberitaan Bisnis.com pada 15 Oktober 2023, Jasa Marga dikabarkan bakal menjual 35% sahamnya atas Jasa Marga Trans Jawa Tol dengan senilai Rp11,75 triliun. 

Sebagai informasi, PT Jasa Marga Trans Jawa Tol adalah salah satu anak perusahaan Jasa Marga yang berkantor pusat di Bekasi. Perusahaan ini mengelola jaringan jalan tol yang berada di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Adapun, hingga saat ini total ruas tol yang dikelola PT Jasa Marga Trans Jawa Tol mencapai 13 ruas  dengan total panjang tol yang dikelola mencapai 673,21 kilometer (km).

Secara lebih terperinci, berikut daftarnya!

1. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (83 km) 

2. Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci (28,74 km) 

3. Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C (24,75 km) 

4. Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol (49 km) 

5. Ruas Jalan Tol Mohamed Bin Zayed (38 km) 

6. Ruas Jalan Tol Batang-Semarang (74,9 km) 

7. Ruas Jalan Tol Semarang-Solo (72,6 km) 

8. Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi (91,09 km) 

9. Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono (88,57 km) 

10. Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (36,72 km) 

11. Ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan (13,6 km) 

12. Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang (38,49 km) 

13. Ruas Jalan Tol Gempol-Pasuruan (34,2 km) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper