Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dow & Saudi Aramco bangun pabrik kimia

DUBAI: Dow Chemical Co dan Saudi Arabian Oil Co akan membangun pabrik petrokimia bernilai US$20 miliar di Pelabuhan Jubail, Saudi, sejalan dengan langkah eksportir minyak terbesar di dunia itu untuk mendiversifikasi ekonominya.Perusahaan patungan, Sadara

DUBAI: Dow Chemical Co dan Saudi Arabian Oil Co akan membangun pabrik petrokimia bernilai US$20 miliar di Pelabuhan Jubail, Saudi, sejalan dengan langkah eksportir minyak terbesar di dunia itu untuk mendiversifikasi ekonominya.Perusahaan patungan, Sadara Chemical Co, akan memiliki kapasitas untuk membuat lebih dari 3 juta ton bahan kimia per tahun, ungkap kedua perusahaan itu hari ini. Dow merupakan perusahaan kimia terbesar Amerika Serikat.Penjualan bahan kimia seperti cable coatings, packaging, carbon-fiber composites dan water treatment akan mencapai US$10 miliar per tahun, ungkap Dow. Pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi akan mencapai sekitar US$1 miliar."Arab Saudi akan dapat mendorong nilai minyak mentahnya dengan mengembangkan beberapa model derivatif. Dow membawa keahlian dan pengetaahuan yang penting untuk mengembangkan industri klaster," ujar John Sfakianakis, chief economist pada Banque Saudi Fransi di Riyadh. Saudi mencari investor asing untuk membantu pembangunan klaster industri manufaktur di sekitar pengilangan dan pabrik kimia yang akan menciptakan lapangan kerja bagi penduduk yang naik 2% per tahun, menurut laporan HSBC Holdings Plc bulan lalu. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper