SIA Cargo ekspansi ke China

JAKARTA: Maskapai penerbangan khusus kargo asal Singapura, Singapore Airlines (SIA) Cargo mengakuisisi 16% saham perusahaan kargo yang berbasis di Shanghai, China Cargo Airlines Co Ltd.
News Editor | 22 Desember 2010 11:55 WIB

JAKARTA: Maskapai penerbangan khusus kargo asal Singapura, Singapore Airlines (SIA) Cargo mengakuisisi 16% saham perusahaan kargo yang berbasis di Shanghai, China Cargo Airlines Co Ltd.

Presiden SIA Cargo Tan Kai Ping dalam siaran pers yang diterima Bisnis sore ini mengatakan pihaknya telah menandatangani perjanjian akuisisi tersebut di Shanghai.

Setelah perjanjian investasi tersebut, lanjut dia, para pemilik saham akan meminta persetujuan China Cargo Airlines untuk diubah menjadi perusahaan patungan ekuitas China-asing terbatas.

Hal ini memungkinkan peran serta SIA Cargo yang lebih besar di sektor transportasi kargo di China yang tumbuh dengan pesat, ujarnya dalam release tersebut.

Menurut Tan Kai Ping, nantinya modal terdaftar perusahaan patungan tersebut akan meningkat menjadi RMB3 miliar dari modal awal yang berjumlah RMB950 juta. Adapun investasi SIA Cargo di perusahaan yang telah diubah tersebut menjadi RMB328 juta.

Dengan adanya akuisisi dari SIA Cargo, kini struktur kepemilikan saham baru China Cargo Airlines terdiri dari 51% saham dimiliki oleh China Eastern Airlines, 17% oleh COSCO, 16% oleh Concord Pacific Limited, dan 16% dipegang oleh SIA Cargo.

Sebelumnya, mayoritas saham China Cargo Airlines, yaitu sebanyak 70% dimiliki oleh China Eastern Airlines dan sisanya sebesar 30% dimiliki oleh China Ocean Shipping (Group) Company (COSCO).

China Cargo Airlines merupakan perusahaan kargo berbadan hukum di Republik Rakyat China. Perusahaan ini kini mengoperasikan 13 unit pesawat yang terdiri dari pesawat Airbus A300, 2 unit pesawat angkut Boeing 747-400, 3 unit Boeing 777 dan 5 unit McDonnell Douglas MD-11.

Jaringan rute global China Cargo Airlines hingga kini mencakup pelabuhan-pelabuhan kargo utama di China, Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.(arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top