Kemenhut rehabilitasi 10 taman nasional

Basilius Triharyanto | 19 Desember 2010 10:20 WIB

JAKARTA : Kementerian Kehutanan mengajak Universitas Gajah Mada (UGM) merehabilitasi 10 taman nasional yang terdegradasi dan kritis dengan mengembangkan penanaman cemara udang.

Ada enam atau 10 taman nasional yang perlu segera direhabilitasi termasuk Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh, Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Tesso Nillo dan Danau Toba yang butuh Rp50 miliar," ujar Menhut Zulkifli Hasan seusai meresmikan Hutan Penelitian dan Wisata Alam Wanagama III di Pantai Petanahan, Kebumen, hari ini.

Menurutnya, UGM memiliki kemampuan mengembangkan tanaman di pesisir yang bersuhu tinggi. Panasnya suhu di pantai yang mencapai 70 derajat celsius, ternyata bisa dikembangkan dengan tanaman cemara udang. Jadi tidak salah, jika saya ajak UGM merehabilitasi 10 taman nasional lainnya, termasuk merehabilitasi Danau Toba yang membutuhkan dana Rp50 miliar.

UGM, berhasil meneliti dan menanam cemara udang di pantai seluas 360 ha yang merupakan bagian dari program Gerakan nasional rehabilitasi hutan dan lahan (Gerhan) 2007 yang dilaksanakan Kemenhut dan UGM .Selain itu, lanjut Menhut, UGM memiliki keahlian merehabilitasi lahan kritis, termasuk kawasan pantai yang bersuhu tinggi. Ada tim yang sudah teruji dan memiliki kemampuan, ini menjadi semacam konsultan sehingga taman nasional dan taman satwa di Indonesia menjadi hijau.Selain dengan UGM, Kemehut juga menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk merehabilitasi Taman Nasional Gunung Halimun. Nanti akan ada proposal sendiri untuk kerjasama ini. Dananya memang sudah disiapkan untuk 2011, kata Zulkifli.Kemenhut pada 2010 hanya memiliki anggaran rehabilitasi Rp500 miliar. Namun, biaya penanaman melonjak untuk anggaran 2011 yang mencapai Rp3 triliun. Jadi, biaya merehabilitasi tanaman telah dinaiikkan untuk mengejar program penanaman sedikitnya 500.000 ha per tahun.

Wakil Rektor UGM, Retno Sunarminingsih Bambang Sudibyo, mengatakan pihaknya punya pengalaman erehabilitasi kawasan hutan seluas 600.000 ha yang masuk dalam program Wanagama I di Gunung Kidul, Wanama II di Jambi dan Wanagama III di Kebumen. (ra)

.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top