Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ESDM Putar Otar Atasi Kebakaran Akibat Arus Listrik Bocor

Persoalan kebakaran akibat arus listrik yang bermasalah menjadi PR yang tak kunjung selesai di Kementerian ESDM.
Gedung Kementerian ESDM/ Bisnis.com - Lukman Nur Hakim
Gedung Kementerian ESDM/ Bisnis.com - Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mencari cara untuk mengatasi persoalan kebakaran akibat arus listrik yang bermasalah.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu mengatakan kebakaran akibat kebocoran arus listrik makin mencemaskan. Salah satunya kebakaran yang terjadi di Gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla).

“Ini sangat memprihatinkan, suatu gedung yang sangat vital masih terbakar. Saya tidak tahu apa memang itu dari listrik atau tidak, tapi banyak kebakaran, pasar-pasar juga banyak kebakaran," kata Jisman dalam acara Penganugerahan Penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Jisman menuturkan, pihaknya memang telah menerapkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) sejak 10 tahun yang lalu.

Namun, Jisman menyebut instalasi kelistrikan yang sudah ada sebelum LSO diterapkan belum pernah dilakukan pengecekan kembali.

“Saya pikir kalau SLO ini diterapkan kan belum lama ya mungkin 10 tahun lebih lah atau 15 tahun, tapi kan instalasi-instalasi yang sudah ada lebih dulu ini kan belum pernah dicek, ya tentu ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Jisman mengatakan, pihaknya bakal menggelar rapat dengan jajarannya yang salah satu poin dari rapat tersebut adalah bagaimana mencari data mengenai instalasi listrik yang ada pada bangunan.

Dengan data instalasi itu, Jisman menyebut, pemerintah bisa mengambil tindakan atau kebijakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah.

“Nah ini, jadi nah dari data inilah nanti kalau kalau kita dapatkan misalnya sampling atau berapa persen dari seluruh bangunan apakah itu nanti di pasar atau di bangunan pemerintah kita akan mengambil kebijakan seperti apa gitu ya, dan kita akan melakukan sesuatu dan melibatkan pemerintah daerah,” ucap Jisman.

Adapun, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut pemicu kebakaran gedung Badan Keamanan Laut alias Bakamla diduga karena korsleting listrik.

Seperti diketahui bahwa gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat terbakar pada pagi ini, Minggu (29/9/2024).

"Dugaan penyebab korsleting listrik," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper