Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Groundbreaking IKN Lagi Pekan Depan, Investasi Asing?

Presiden Jokowi bakal kembali melakukan groundbreaking sejumlah proyek investasi di IKN pada pekan depan.
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking  Magnum Resort Nusantara, IKN, Rabu (25/9/2024)/Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Magnum Resort Nusantara, IKN, Rabu (25/9/2024)/Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pekan depan.

Suharso mengatakan bahwa agenda kunjungan Presiden Jokowi ke IKN salah satunya adalah kembali melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek investasi di ibu kota baru. Rencananya groundbreaking IKN bakal dilakukan pada Rabu (9/10/2024).

“Saya belum lihat tetapi saya Senin, Selasa akan ada di IKN. Kemudian, Rabu akan ada groundbreaking, kalau tidak salah. Selasa ada acara kita di sana,” kata Suharso kepada wartawan di kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Lebih lanjut, Suharso mengaku belum dapat memastikan ketika ditanyakan mengenai groundbreaking yang masuk merupakan investasi asing atau investasi lokal. 

“Saya belum lihat, mungkin iya ada dalam negeri, ada luar negeri. Saya belum pasti yang mengatur itu Otorita tetapi saya ke sana untuk memastikan soal [kepindahan] ASN,” pungkas Suharso.

Menurut catatan Bisnis, terakhir kali Presiden Jokowi melaksanakan groundbreaking investasi tahap 8 di IKN pada, Rabu (25/9/2024) atau tepatnya H-25 menjelang lengser dari jabatannya. 

Orang nomor satu di Indonesia itu merealisasikan investasi dari tiga investor asing dan dua investor lokal swasta dengan total nilai mencapai Rp1,07 triliun. 

Adapun perinciannya, tiga perusahaan asing mengucurkan modal ke IKN senilai Rp950 miliar. Terdiri dari investasi Delonix Group asal Tiongkok Rp500 miliar, Magnum Estate asal Rusia Rp300 miliar, dan Australian Independent School Rp150 miliar.

Kemudian, dua investor lokal menyumbang investasi senilai Rp125 miliar yang berasal dari PT Plataran Boga Rasa Rp25 miliar dan Prima Hotel Manajemen Indonesia membangun hotel Bintang 3 D’Prima senilai Rp100 mliar. 

Dengan demikian, total investasi yang telah mengalir ke IKN selama pemerintahan Jokowi mencapai Rp57,27 triliun yang direalisasikan melalui groundbreaking investasi selama 8 tahapan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper