Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Jalin Kolaborasi dengan 4 Pengembang Besar, Ada Ciputra hingga BSDE

KAI menggandeng sejumlah pengembang properti untuk melakukan kerja sama potensial dalam pengembangan kawasan perumahan dan transportasi.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas dengan latarbelakang jajaran gedung bertingkat di Jakarta, Minggu (21/7/2024). Bisnis/Abdurachman
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas dengan latarbelakang jajaran gedung bertingkat di Jakarta, Minggu (21/7/2024). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggandeng sejumlah pengembang properti untuk melakukan kerja sama potensial dalam pengembangan kawasan perumahan dan transportasi.

Vice President Public Relation KAI, Anne Purba, menyatakan perseroan melakukan penandatanganan nota kerja sama (MoU) dalam upaya mewujudkan komitmen untuk menghadirkan ekosistem perkeretaapian terbaik. 

“KAI juga melakukan penandatanganan MoU dengan menggandeng beberapa pengembang kawasan perumahan ternama,” kata Anne dalam keterangan resmi, Senin (30/9/2024). 

Beberapa pengembang yang terlibat dalam kerja sama ini antara lain PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE), PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA), PT Mitra Abadi Utama (bagian dari Agung Podomoro Land), PT Citra Maja City (Ciputra Group), dan PT Wika Realty. 

Penandatanganan MoU ini merupakan bagian dari rencana kerja sama potensial untuk menghadirkan sinergi antara infrastruktur transportasi kereta api dan kawasan perumahan.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, serta Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan KAI, Rudi As Aturridha, dengan Direktur Utama masing-masing pengembang terkait. Prosesi penandatanganan juga disaksikan oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. 

"Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat menciptakan ekosistem perkeretaapian yang mendukung kenyamanan, keamanan, dan keberlanjutan bagi pelanggan kereta api," jelas Anne. 

Adapun, beberapa kawasan perumahan memang terletak dengan stasiun kereta api.

Berikut daftar perumahan yang dekat dengan stasiun:

  1. BSD City (PT Bumi Serpong Damai): Kawasan perumahan ini terintegrasi dengan Stasiun Rawa Buntu, memudahkan akses transportasi bagi para penghuni.

  2. Summarecon Serpong (Summarecon Agung): Terletak tidak jauh dari Stasiun Cisauk, memberikan akses langsung bagi para penghuni ke jaringan kereta api komuter.

  3. Podomoro Golf View (Mitra Abadi Utama): Kawasan ini terletak di dekat Stasiun LRT Ciracas, menawarkan koneksi yang mudah bagi pengguna moda transportasi publik.

  4. Citra Maja Raya (Ciputra Group): Dikembangkan di dekat Stasiun Maja.  

Sebelumnya, KAI telah menjalin kerja sama dengan BSD dan Agung Podomoro (APLN) untuk mewujudkan konsep transit oriented development (TOD).

PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) melalui anak usahanya yakni PT Mitra Abadi Utama selaku pengembang Kota Podomoro Tenjo, resmi memulai pembangunan flyover Tenjo dengan nilai investasi sebesar Rp50 miliar.

Pembangunan flyover Tenjo merupakan kolaborasi strategis antara Agung Podomoro bersama Kementerian Perhubungan, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Pembangunan flyover ini merupakan bagian dari konsep Grand Transit Oriented Development (TOD) Kota Podomoro Tenjo. 

Sementara itu, BSD City melakukan pembangunan Stasiun KRL Baru Jatake di Provinsi Banten yang menghubungkan moda transportasi KRL dengan kawasan perumahan.

Stasiun tersebut ditargetkan sudah dapat beroperasi pada pertengahan 2025. Pembangunan Stasiun Jatake merupakan bagian dari pengembangan konsep TOD sebagai fasilitas kota baru untuk mengurangi kepadatan transportasi di jalan raya melalui pemaksimalan penggunaan kendaraan umum.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper