Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YouTube Gandeng Shopee, Luncurkan Program Baru Saingi TikTok

YouTube bersama dengan mitra perdanannya, Shopee, resmi meluncurkan program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia pada Rabu (18/9/2024).
Logo shopee di salah satu perkantoran/Reuters
Logo shopee di salah satu perkantoran/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - YouTube bersama dengan mitra perdanannya, Shopee, resmi meluncurkan program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia pada Rabu (18/9/2024).

General Manager dan Vice President Shopping Youtube, Travis Katz, menyampaikan, program ini memberikan peluang bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan dan memberikan nilai tambah bagi komunitasnya. 

“Kreator yang memenuhi syarat kini dapat mendaftar untuk bergabung dengan Program Afiliasi YouTube Shopping, yang memungkinkan mereka untuk menandai produk yang dijual di Shopee dalam konten mereka,” kata Travis dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (19/9/2024).

Dia menuturkan, kreator yang memenuhi syarat kelayakan dapat bergabung dengan program ini usai menyelesaikan proses pendaftaran sederhana, yang akan memberi mereka akses untuk menandai produk dari usaha kecil dan menengah serta usaha mikro yang dijual di Shopee dalam konten mereka. 

Travis menyebut bahwa program ini juga memudahkan penggemar berbelanja rekomendasi dari kreator favorit, sekaligus memberikan kesempatan bagi brand untuk bekerja sama dengan kreator konten terpercaya untuk mempromosikan produk mereka.

Oleh karena itu, pihaknya berencana mengundang lebih banyak mitra ke program afiliasi guna memperluas opsi produk yang dapat ditandai bagi para kreator dan mendukung lebih banyak merek dari berbagai ukuran untuk memperkenalkan produk mereka melalui berbagai video kreator.

“YouTube berkomitmen untuk terus mengembangkan program afiliasi ini dengan mengajak lebih banyak mitra di masa mendatang,” ujarnya.

Adapun, Indonesia menjadi negara pertama diluncurkannya program Youtube Shopping, dan akan diikuti oleh Thailand dan Vietnam dalam beberapa minggu ke depan.

Peluncuran program sejalan dengan perkembangan pesat ekonomi digital di Indonesia, yang diproyeksi mencapai nilai transaksi bruto (GMV) sebesar $110 miliar pada 2025. 

“Kami sangat antusias untuk membawanya ke Indonesia, dengan memulai kemitraan dengan Shopee, setelah suksesnya peluncuran ini di Amerika Serikat dan Korea,” ujarnya.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, mengharapkan, kerja sama ini dapat membantu penjual di platform Shopee untuk bisa terhubung dengan lebih banyak calon pembeli, melalui konten menarik yang diciptakan oleh para kreator YouTube.

Menurutnya, konten yang menarik dapat membantu mengerek penjualan UMKM dan brand lokal di platform Shopee, melalui fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video. 

“Kami yakin bahwa kerja sama dengan YouTube akan mendukung penjual, termasuk produk lokal dan UMKM di platform kami untuk bisa lebih bertumbuh,” pungkas Monica.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper