Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respons DPR Soal Wacana Susu Ikan di Menu Makan Siang Bergizi Gratis Prabowo

DPR minta penggunaan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi dalam program Makanan Bergizi Gratis (MBG) Prabowo harus melalui riset
Seorang siswi menunjukkan menu makanan dalam simulasi penerapan program makanan gratis di SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina
Seorang siswi menunjukkan menu makanan dalam simulasi penerapan program makanan gratis di SMPN 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi IX DPR RI menyebut, penggunaan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi dalam program Makanan Bergizi Gratis (MBG) Presiden Terpilih Prabowo Subianto memerlukan riset lebih lanjut.

Anggota Komisi IX Arzeti Bilbina menyampaikan, riset ini diperlukan mengingat produk minuman konsentrat ikan relatif baru dan belum memiliki definisi yang baku dalam standar pangan internasional.

“Jadi, butuh standardisasi dan regulasi mengenai komposisi dan proses pembuatannya,” kata Arzeti dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (12/9/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa penggunaan susu ikan memerlukan sosialisasi yang masif mengingat produk minuman dari ikan belum familiar di tengah masyarakat.

Selain itu, perlu ada pengawasan ketat dari Badan Gizi Nasional jika ide ini nantinya direalisasikan untuk program MBG, untuk mencegah risiko kontaminasi yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak.

Arzeti juga meminta pemerintah melakukan evaluasi rutin untuk menilai apakah minuman ini memberikan manfaat yang sebanding atau bahkan lebih baik dibanding susu sapi. 

“Jika ditemukan bahwa minuman bergizi tinggi dari ikan tidak memberikan hasil yang optimal, maka penyesuaian harus segera dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan program dalam meningkatkan kesehatan anak-anak tetap tercapai,” ujarnya. 

Kendati begitu, dia mengapresiasi ide penggunaan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi. Mengingat, ikan merupakan sumber protein alternatif terutama untuk wilayah yang sulit untuk mengakses susu sapi. Apalagi, ikan merupakan salah satu sumber daya alam unggulan Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama ID Food Sis Apik Wijayanto berencana akan membangun mega farm untuk mendukung program susu gratis yang dicanangkan Prabowo. 

Namun, hasil produksi susu kemungkinan baru dapat dinikmati pada 2-3 tahun mendatang sehingga perlu alternatif lain selain susu sapi untuk memenuhi kebutuhan program susu gratis. Misalnya, kata dia, susu dari ikan.

“Mungkin ada produk-produk alternatif yang bisa sebagai pengganti susu dari sapi. Semuanya dalam kajian ya, misalnya susu dari ikan kan ada juga, ada susu dari ikan yang kemarin disampaikan,” kata Sis Apik di Kompleks Parlemen, Rabu (4/9/2024).

Sebagai informasi, pemerintah tahun lalu meluncurkan produksi susu ikan pertama di Indonesia. Susu ikan sendiri merupakan minuman olahan menggunakan ekstrak protein ikan sebagai bahan baku. 

Produk inovatif ini merupakan hasil kemitraan antara Koperasi Nelayan Mina Bahari (Indramayu) dengan PT Berikan Teknologi Indonesia sebagai bagian dari perkuatan program hilirisasi produk berbasis komoditas unggulan daerah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper