Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada SPBU Pertamina Tak Jual BBM Pertalite, Begini Penjelasannya

PT Pertamina Patra Niaga memberikan penjelasan ihwal adanya SPBU yang tidak menjual BBM Pertalite.
SPBU Pertamina di Jalan Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat yang tak lagi menjual BBM jenis Pertalite/Bisnis-Lukman Nur Hakim
SPBU Pertamina di Jalan Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat yang tak lagi menjual BBM jenis Pertalite/Bisnis-Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga memberikan penjelasan ihwal adanya stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tidak menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari menuturkan, penentuan titik penjualan BBM subsidi dalam hal ini Pertalite merupakan kebijakan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Dalam kebijakan yang dibuat oleh BPH Migas, titik-titik SPBU yang menjual BBM subsidi didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain jalur transportasi umum, tidak di area pemukiman menengah ke atas, dan tidak di daerah industri.

“Upaya ini dilakukan agar BBM subsidi bisa lebih tepat sasaran,” kata Heppy saat dihubungi, Selasa (27/8/2024).

Heppy menyebut, dari sisi Pertamina Patra Niaga yang merupakan operator, hanya menyalurkan BBM sesuai kebijakan yang ditentukan oleh regulator.

Di satu sisi, Patra Niaga, kata Heppy, juga memiliki tanggung jawab untuk mengatur penyaluran BBM agar kuota yang ditetapkan pemerintah mencukupi hingga akhir tahun.

Lebih lanjut, Heppy menyampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir adanya pembatasan penjualan BBM subsidi. Sebab, pihak Patra Niaga memastikan BBM subsidi masih akan disalurkan kepada masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, di setiap wilayah dipastikan tetap akan ada BBM subsidi, baik Biosolar maupun Pertalite,” ujarnya.

Belakangan ramai diberitakan ada SPBU di wilayah DKI Jakarta sudah mulai tak menjual BBM Pertalite. Terbaru, dikabarkan ada SPBU Pertamina di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan yang tak lagi menjual Pertalite. 

Selain itu, SPBU Pertamina yang berada di Jalan Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat juga sudah tidak menjual Pertalite. Berdasarkan penelusuran di lapangan oleh Bisnis pada Kamis (25/4/2024), SPBU dengan nomor 34.116.08 tersebut nampak sudah menghilangkan BBM jenis Pertalite dari papan harga mereka.

Terlihat pada papan informasi harga yang terpampang di depan SPBU, hanya terlihat informasi harga dari BBM non-subsidi atau Pertamax Series, Dexlite, dan Pertamina Dex saja.

Mesin dispenser yang berisi Pertalite juga tak tersedia di SPBU tersebut. Menurut pengamatan Bisnis, hanya ada dispenser dengan jenis BBM Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex, serta produk BBM baru Pertamina, yakni Pertamax Green 95.

Bisnis tak berhasil menemui manager SPBU tersebut untuk melakukan konfirmasi. Namun, menurut keterangan salah satu petugas, Pertalite tak lagi dijual di SPBU itu sejak Lebaran 2024.

“Udah dari Lebaran [tidak ada Pertalite],” ujar salah satu petugas.

Meski sudah tidak menjual Pertalite, SPBU yang berada dipinggir jalan arteri ini masih dipadati oleh pembeli.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper