Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bendungan Margatiga Pasok Air Buat Lumbung Pangan di Lampung

Bendungan Margatiga yang dibangun Waskita Karya dan diresmikan Presiden Jokowi disebut menjadi pemasok air untuk lumbung pangan di Lampung.
Bendungan Margatiga / Dok. Humas Kementerian PUPR.
Bendungan Margatiga / Dok. Humas Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - Bendungan Margatiga yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut menjadi pemasok air untuk lumbung pangan nasional di Kawasan Lampung.

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Muhammad Hanugroho menuturkan bendungan tersebut memberikan suplai air bagi lahan petani untuk bisa ditanami dua sampai tiga kali dalam setahun.

Dia menjelaskan bendungan tersebut akan mengairi Daerah Irigasi (DI) di provinsi Lampung seluas 16.588 hektare. Adapun, bendungan tersebut memiliki luas genangan mencapai 2.313 hektare dengan daya tampung sebanyak 42 juta meter kubik.

“Daerah tersebut mencakup DI Jabung Kiri seluas 5.638 hektare dan DI Jabung Kanan sebesar 10.950 hektare," katanya dalam siaran pers, Senin (26/8/2024).

Hanugroho mengatakan pengerjaan Bendungan Margatiga telah menggunakan inovasi digital di bidang konstruksi untuk mempermudah pekerjaan melalui penggunaan Buku Lapangan Digital untuk mengurangi penggunaan kertas.

Tim Waskita, lanjutnya, menerapkan inovasi Building Information Modelling (BIM) atau Dimension of Digital Construction dalam pengerjaan Bendungan Margatiga.

Dia menjelaskan produk BIM yang diimplementasikan pada proyek itu mencakup Reality Modelling pada tahap digital surveying, lalu 3D Modelling, Shop Drawing, serta As-Built Model pada saat produksi.

Adapun, pada tahap Sequencing and Simulation, diterapkan 4D Sequence, Work Method Statement, dan 6D Sustainability. Berikutnya pada bagian 5D Quantity Take-off diimplementasikan 5D QTO, Marking Progress, juga monitoring pekerjaan.

Terakhir, katanya, di bagian kolaborasi, diterapkan Document Approval, Document Collaboration, Issue Coordination, dan Digital Asset Handover. Dijelaskan, penerapan seluruh inovasi itu bertujuan mempermudah proses pembangunan.

Sebagai informasi, Bendungan Margatiga merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap Waskita Karya. Total anggaran yang digunakan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp846 miliar.

Tercatat, selama lima tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, Waskita memulai pembangunan 36 PSN.

Jumlah PSN bendungan yang sedang dikerjakan saat ini sebanyak sembilan, yaitu Bendungan Temef, Mbay, Jlantah, Jragung, Bener, Leuwikeris, Tigadihaji, Rukoh, serta Margatiga.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Senin (26/8/2024).

Dia menjelaskan fungsi pembangunan bendungan antara lain sebagai air baku untuk kehidupan, irigasi sawah, dan reduksi banjir.

“Kita harapkan bendungan yang ke-44 saya resmikan dalam 10 tahun terakhir ini bisa berfungsi [dengan baik],” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper