Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terkuak! Misteri Pemilik Jet Pribadi Diduga Dipakai Kaesang-Erina ke AS

Pemilik private jet atau jet pribadi yang diduga dipakai Kaesang dan Erina ke AS disebut-sebut milik Garena Online Private Ltd.
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono usai mencoblos di TPS 063 Tower 10 Apartemen Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono usai mencoblos di TPS 063 Tower 10 Apartemen Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono diduga bepergian ke Amerika Serikat dengan menaiki jet pribadi atau private jet Gulfstream G650ER. Lantas siapa pemilik private jet tersebut?

Mengacu keterangan TrendAsia.org, Kaesang dan Erina terbang ke AS menggunakan pesawat Gulfstream G650ER dengan nomor N588SE dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta hingga Bandara Internasional Philadelphia AS.

"Tanggal perjalanan pada 18-21 Agustus 2024 dengan jarak 16.276 km. Biaya charternya US$556.305 atau sekitar Rp8,67 miliar [kurs Rp15.600 per dolar AS]," tulis akun X @TrendAsia_Org dikutip Minggu (25/8/2024).

Berdasarkan penelusuran Bisnis di laman resmi Federal Aviation Administration (FAA), terungkap bahwa pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream GLF6 G650ER yaitu Garena Online Private LTD.

Pesawat itu telah mendapatkan sertifikasi oleh Badan Pemantauan Regional Eropa (Regional Monitoring Agency/RMA) dan telah mendapatkan persetujuan RVSM pada 2021 silam.

Sebagai informasi, Garena merupakan sebuah perusahaan pengembang dan penerbit game online asal Singapura, dengan salah satu game yang terkenal yakni Free Fire. Garena adalah singkatan dari Game Arena yang didirikan pada tahun 2009.

Pada 2019, Garena telah mereorganisasi berbagai kepentingannya sebagai konglomerat di bawah Sea Limited. Alhasil, Garena sekarang merupakan salah satu anak perusahaan Sea Limited yang juga merupakan induk Shopee.

Yang menarik lagi, ternyata pesawat jet pribadi tersebut sering parkir dan wara-wiri di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Solo.

Hal ini terungkap dari sebuah video lama yang kembali viral. Video tersebut memperlihatkan Gulfstream yang sedang bermanuver di area bandara.

Jika ditelusuri, Garena juga memiliki Garena Gaming & Community Hub, sebuah rumah bagi seluruh komunitas gaming Kota Solo, di Solo Technopark yang diresmikan oleh Gibran Rakabuming Raka saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta kala itu.

"Kami sangat mengapresiasi Shopee dan Garena atas dukungannya dalam menghadirkan Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark yang membawa semangat baru untuk pusat inovasi ini,” ujar Gibran di Solo Technopark, mengacu laman resmi Garena yang dipublikasikan pada 12 Desember 2021.

Sebelumnya, Pengamat Penerbangan Alvin Lie menyebutkan riwayat penerbangan pesawat gulfstream G650ER registrasi N588SE tidak dapat diakses karena permintaan pemilik. 

"Pesawat Gulfstream G650ER registrasi N588SE sangat misterius. Data penerbangannya dihapus agar tidak bisa dilacak pergerakannya. Apakah benar ini pesawat sewaan/ charter?," ujar Alvin Lie dalam unggahannya di media sosial X, Jumat (23/8/2024).

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) belum memberikan informasi terkait dengan Gulfstream G650ER yang kerap parkir di Bandara Solo, serta kepemilikan atas jet pribadi yang diduga digunakan Kaesang dan Erina terbang ke AS itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper