Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Groundbreaking Proyek Sukanto Tanoto di IKN, Nilainya Rp2 triliun

Jokowi melaksanakan groundbreaking proyek yang milik Sukanto Tanoto yakni Royal Golden Eagle (RGE) di IKN dengan investasi Rp2 triliun.
Presiden Jokowi dalam acara groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel, IKN, Senin (12/8/2024) - Youtube Setpres
Presiden Jokowi dalam acara groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel, IKN, Senin (12/8/2024) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai konstruksi proyek yang digagas oleh entitas usaha milik Sukanto Tanoto yakni Royal Golden Eagle (RGE) membangun convention centre hingga hotel bintang 5 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa kehadiran RGE di IKN bakal melengkapi ekosistem Ibu Kota baru Republik Indonesia ke depannya. 

“Pada sore hari ini, saya senang akan dilakukan peletakan batu pertama Nusantara International Convention Centre dan Hotel, ini akan menambah fasilitas,” kata Jokowi dalam acara groundbreaking Nusantara International Convention Center and Hotel, IKN, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Jokowi menyebut, proses konstruksi Nusantara International Convention Centre dan Hotel ini dilaporkan akan memakan waktu selama 24 bulan. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono menjelaskan nilai investasi dari proyek yang diinjeksi oleh RGE mencapai Rp2 triliun. 

Basuki menambahkan, pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel adalah langkah strategis dalam memperkuat posisi IKN menjadi pusat kegiatan bisnis dan ekonomi.

"Pembangunan ini sejalan dengan visi kita untuk menciptakan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang mengutamakan keberlanjutan, dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif," ujar Basuki. 

Lebih rinci, proyek Nusantara International Convention Centre dan Hotel akan berlokasi di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1B dengan total luas 12 hektare. Gedung Convention Center ini dirancang dengan kapasitas kurang lebih 10.000 orang.

Selain diklaim akan meningkatkan kualitas dan daya tarik Nusantara, proyek Nusantara International Convention Centre dan Hotel juga dirancang untuk sejalan dengan prinsip cerdas, hijau, dan berkelanjutan yang menjadi landasan utama pembangunan Nusantara.

Di sisi lain, Deputi Presiden RGE Indonesia, Bernard Riedo, menyampaikan, RGE Group berkomitmen penuh dalam mendukung pembangunan Nusantara.

Sebagai langkah awal, komitmen RGE Group diwujudkan dalam groundbreaking untuk pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel.

“Kami harap pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai visi dan misi Nusantara sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan terutama dalam mendukung kelancaran kegiatan bisnis dan ekonomi di Nusantara,” ujar Bernard.

Adapun, rencana pembangunan hotel berbintang lima yang terhubung dengan International Convention Center untuk menunjang kegiatan MICE. Hotel akan menyediakan kurang lebih 200 kamar tipe suites room yang didesain dengan konsep modern dan berkelanjutan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper