Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Microsoft Windows Down, AirAsia: Sistem Pulih Sepenuhnya Besok

AirAsia menargetkan sistem layanan operasional yang terkendala akibat gangguan Microsoft Windows dapat pulih sepenuhnya besok, Senin (22/7/2024).
Pesawat AirAsia - Dok. Instagram flyairasia.id
Pesawat AirAsia - Dok. Instagram flyairasia.id

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) menargetkan sistem layanan operasional yang terkendala akibat gangguan Microsoft Windows dapat pulih sepenuhnya besok, Senin (22/7/2024).

Head of Indonesia Affairs and Policy AirAsia, Eddy Krismeidi, mengatakan hingga saat ini sistem operasi Windows AirAsia sudah pulih secara bertahap dan kembali normal. Meski demikian, dia juga menyebut beberapa sistem lain masih berjalan lambat.

Dia menargetkan seluruh sistem operasi layanan AirAsia dapat pulih sepenuhnya pada Senin (22/7/2024) besok

"Masih ada beberapa [sistem lambat] karena ini belum stabil sepenuhnya. Targetnya besok diharapkan bisa pulih," kata Eddy saat dihubungi pada Minggu (21/7/2024). 

Eddy melanjutkan, pihaknya masih tetap melakukan langkah antisipatif ditengah gangguan sistem ini. Salah satu uoaya tersebut adalah mengimbau penumpang untuk datang lebih awal dari jadwal keberangkatan. 

Dia mengimbau penumpang AirAsia sebaiknya sekitar 3 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan. 

Diberitakan sebelumnya, Windows mengalami masalah Blue Screen of Death (BSOD) berdampak pada bank, maskapai penerbangan, supermarket, hingga kantor pemerintahan di seluruh dunia.

pengguna Windows 10 di seluruh dunia tengah menghadapi pemadaman listrik besar-besaran karena pembaruan Crowdstrike, yang menyebabkan PC terjebak di layar pemulihan dan hanya menampilkan layar berwarna biru.

Dikutip dari Mint, Jumat (19/7/2024), laporan menunjukkan bahwa masalah terbaru pada Windows telah menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran di bandara, perusahaan, bank, dan kantor pemerintah di seluruh dunia.

Pengguna di media sosial juga membagikan tangkapan layar yang tertahan di halaman pemulihan. “Sepertinya Windows tidak memuat dengan benar. Jika Anda ingin memulai ulang dan mencoba lagi, pilih Mulai ulang PC saya di bawah,” demikian tulisan yang tercantum di halaman pemulihan.

Sementara itu, Crowdstrike juga telah mengakui masalah ini yang menyatakan bahwa kerusakan baru-baru ini pada Windows terkait dengan masalah pada sensor Falcon. Dijelaskan, CrowdStrike mengetahui laporan kerusakan pada host Windows yang terkait dengan sensor Falcon.

"Gejalanya mencakup host yang mengalami kesalahan bugcheckblue screen terkait dengan Sensor Falcon. Tim Teknik kami secara aktif berupaya menyelesaikan masalah ini dan tidak perlu membuka tiket dukungan,” ungkap CrowdStrike.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper