Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Otorita Cek SPAM Sepaku, Air Bersih Sudah Mengalir ke IKN?

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengecek kesiapan infrastruktur air bersih di IKN menjelang upacara 17 Agusus 2024.
Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024) - (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)
Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024) - (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Basuki Hadimuljono mengecek kesiapan infrastruktur di IKN menjelang upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agusus 2024.

Salah satu infrastruktur yang dicek kesiapannya adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Intake Sepaku pada Jumat (19/7/2024). Peninjauan dilakukan untuk pasokan air bersih telah mengalir ke IKN pada 17 Agustus.

Basuki mengatakan air bersih untuk IKN akan disuplai dari Sungai Sepaku, diolah di SPAM Intake Sepaku, dan didistribusikan ke setiap unit di Nusantara.

"Pengecekan ini menjadi bagian penting dalam memastikan bahwa seluruh fasilitas dasar siap menyambut HUT Kemerdekaan RI, sehingga pelaksanaan upacara dapat berjalan lancar dan sukses," ujar Basuki dalam keterangan resmi, Minggu (21/7/2024).

Pada kesempatan yang sama, Plt. Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni menekankan pentingnya kesiapan sarana dan prasarana air bersih.

"Kebutuhan air bersih sangat vital untuk menunjang kesuksesan Upacara Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Nusantara. Oleh karena itu, kesiapan ini perlu dikawal dan menjadi perhatian besar pembangunan, utamanya yang saat ini sedang dikerjakan rekan-rekan Kementerian PUPR," ujarnya.

Selain meninjau unit intake yang berada di dalam kompleks SPAM Intake Sepaku, kedua pejabat ini juga mengunjungi Ruang Pompa SPAM, yang berfungsi untuk mengalirkan air dari penampungan ke tempat pengolahan filtrasi yaitu Instalasi Pengolahan Air (IPA). 

Selanjutnya mereka beserta rombongan meninjau reservoir air hasil pengolahan di SPAM Intake Sepaku, yang terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Air dari reservoir ini akan didistribusikan ke seluruh unit di KIPP.

Kunjungan kerja ini akan dilanjutkan pada peninjauan lebih lanjut fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) pada akhir pekan di pekan ke dua bulan Juli ini.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan air bersih di IKN sudah mulai mengalir. Oleh karena itu, dirinya bertolak ke IKN untuk meninjau hal tersebut. 

"Kalau [air bersih] nanti malam bisa clear semua, makannya saya ke sana sekalian mengecek," pungkasnya.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Imam Santoso Ernawi, menjelaskan bahwa saat ini progres pembangunan Istana Negara dan Lapangan Upacara sudah mencapai 82,73%.

Progres pembangunan Istana dan Lapangan Upacara di IKN itu jauh lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebesar 74,74%.

Sementara itu, progres kantor presiden saat ini dilaporkan telah mencapai 88,54%. Posisinya lebih besar dari rencana yang ditetapkan sebesar 88,18%.

Presiden Jokowi sebelumnya menyebut bahwa saat penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024, pembangunan IKN baru mencapai sekitar 15%.

"Jadi jangan membayangkan kita Upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang baru menurut saya. Paling nanti 17 Agustus itu dihitung semuanya secara keseluruhan mungkin ya 15%," ujar Jokowi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper