Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Sudaryono, Politikus Gerindra yang Resmi Dilantik Jadi Wamentan

Politikus Gerindra Sudaryono resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) menggantikan Harvick Hasnul Qolbi. Berikut profil Sudaryono.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono - Dok. Instagram sudaru_sudaryono.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono - Dok. Instagram sudaru_sudaryono.

Bisnis.com, JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Sudaryono resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) pada hari ini, Kamis (18/7/2024).

Sudaryono menjadi satu dari tiga wakil menteri (wamen) yang dilantik Jokowi pada hari ini. Posisi Wamentan sebelumnya dijabat oleh Harvick Hasnul Qolbi, yang kini resmi dibebastugaskan.

"Pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Menimbang, mengingat, memutuskan, menetapkan, mengangkat wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan masing-masing [...] Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian," demikian bunyi surat keputusan yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi, Kamis (18/7/2024).

Sudaryono kini resmi menjabat Wamentan untuk tiga bulan terakhir periode pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. Dia akan mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, yang juga belum genap setahun dilantik oleh Presiden Jokowi menggantikan Syahrul Yasin Limpo.

Selain pelantikan Wamentan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melantik dua wakil menteri lainnya yakni keponakan Prabowo, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) dan Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi.

Profil Sudaryono

Lantas siapa itu Sudaryono? Melansir laman pribadinya sudaryono.id, Sudaryono merupakan pengusaha dan politikus Indonesia. Pria kelahiran Grobogan, 23 Januari 1985 itu saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, CEO Garuda TV, Ketua Umum DPP APPSI, dan Ketua Dewan Pembina PAPERA.

Terlahir sebagai anak petani, Sudaryono diketahui mendapat beasiswa di SMA Taruna Nusantara 2000-2003 sebagai salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah.

Pada 2004-2009, dia kemudian kembali mendapat beasiswa di Akademi Pertahanan Nasional, Jepang. Di sana, dia fokus pada teknik mesin sebagai ilmu inti dan bidang teknologi.

Sepulangnya dari Jepang, pria asal Jawa Tengah ini kemudian melanjutkan pendidikan di program S2 Magister Manajemen di salah satu universitas di Jerman dan S3, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pria berusia 39 tahun ini mengawali karier profesional sejak 2014. Kala itu dia menjabat sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy, di 2018 dia dipercaya sebagai CEO Garuda TV. Sejak 2019, dia juga dipercaya sebagai CEO PT Nusantara Telematics System dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma sejak 2020.

Usai menempuh pendidikan di Jepang, Sudaryono pada 2010 kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Prabowo Subianto sebagai asisten pribadi. Lalu di 2020, Sudaryono menempati posisi sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Gerindra, sebelum kemudian terpilih menjadi ketua DPD Gerindra Jateng.

Pada Oktober 2023, dia menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jateng. Berdasarkan penelusuran Bisnis di laman media sosial Instagramnya @sudaru_sudaryono, dirinya juga didapuk sebagai calon gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper