Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Wapres Resmikan Bendungan Raksasa Cipanas Rp2,03 Triliun

Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan meresmikan Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat pada Selasa (9/7 /2024).
Proyek Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Dok. Kementerian PUPR
Proyek Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diketahui bakal meresmikan Bendungan Cipanas senilai Rp2,03 triliun besok, Selasa (9/7/2024).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan peresmian Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat bakal dilakukan langsung oleh Wapres Ma'ruf Amin.

“Pak Wakil Presiden besok meresmikan Bendungan Cipanas,” kata Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Senin (8/7/2024). 

Basuki melanjutkan, usai meresmikan Bendungan Cipanas Wapres juga akan melanjutkan rangkaian untuk meresmikan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B ruas Nagrak – Cibitung.

Sebagai informasi, Bendungan Cipanas memiliki kapasitas mencapai 250,81 juta meter kubik (m3). Bendungan ini difungsikan sebagai tampungan air untuk mendukung irigasi pertanian dan sumber air baku di Kawasan segitiga Cirebon – Patimban – Kertajati (Rebana). 

Kapasitas Bendungan Cipanas tersebut bahkan 10 kali lebih  besar dari Bendungan Kuningan. Nantinya, Bendungan Cipanas diproyeksi dapat menambah suplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare, khususnya untuk Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung dan Cibunut. 

Dengan kapasitas tampung yang besar tersebut, Bendungan Cipanas juga diharapkan dapat memenuhi air baku sebesar 850 liter/detik.

Adapun, Bendungan Cipanas dibangun setinggi 71,60 meter dengan tipe urugan inti tegak. Bendungan ini memiliki luas genangan 1.315,95 hektare yang juga dapat dimanfaatkan sebagai tampungan air pengendali banjir untuk wilayah untuk mengurangi debit banjir sebesar 487,75 m3/detik, serta potensi sebagai sumber pembangkit listrik sebesar 3 MW.  

Pembangunan Bendungan Cipanas dikerjakan selama 2016-2023 dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya - PT Jaya Konstruksi (KSO) yang fokus pada pembangunan tubuh bendungan dan PT Brantas Abipraya (Persero) untuk pembangunan infrastruktur pendukung. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper