Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Lanjutkan Uji Alir Hidrokarbon di Sumur MNK Blok Rokan

Uji coba itu dilakukan setelah perseroan rampung menyelesaikan pengeboran sumur migas MNK Gulamo DET-1 dan Kelok DET-1 paruh pertama tahun ini.
Foto: Sumbangsih untuk Negeri, 2 Tahun Pascaalih Kelola Blok Rokan
Foto: Sumbangsih untuk Negeri, 2 Tahun Pascaalih Kelola Blok Rokan

Bisnis.com, BATAM — PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melanjutkan uji coba perekahan atau fracturing dan uji alir hidrokarbon di Sumur Gulamo DET-1, Blok Rokan pada bulan ini.

Uji coba itu dilakukan setelah perseroan rampung menyelesaikan pengeboran sumur migas non konvensional (MNK)  Gulamo DET-1 dan Kelok DET-1 paruh pertama tahun ini. 

Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto mengatakan perseroan saat ini melakukan evaluasi atas data logging dan data inti batuan (coring) hasil pengeboran dua sumur tersebut. 

“Pada tahap selanjutnya akan dilakukan uji coba perekahan dan uji alir hidrokarbon di Sumur Gulamo DET-1 yang diperkirakan akan dimulai pada Juli 2024,” kata Rudi saat dihubungi, Kamis (4/7/2024). 

Rudi menambahkan rancangan program lanjutan akan disusun berdasarkan studi potensi MNK ini. 

“Eksplorasi MNK ini diharapkan akan membuka peluang pengembangan MNK dan meningkatkan produksi migas nasional,” kata dia. 

MNK merupakan migas yang diusahakan dari reservoir tempat terbentuknya dengan permeabilitas rendah (low permeability).  

Perbedaan mendasar antara hidrokarbon konvensional dan nonkonvensional adalah bahwa hidrokarbon konvensional terbentuk di batuan sumber dan bermigrasi ke batuan penyimpan (reservoir), sedangkan hidrokarbon nonkonvensional terbentuk dan tersimpan di batuan yang sama.  

Oleh karena itu, hidrokarbon nonkonvensional tidak memerlukan struktur perangkap layaknya hidrokarbon konvensional. Selain itu, hidrokarbon nonkonvensional terperangkap pada batuan dengan porositas dan permeabilitas yang sangat rendah sehingga membutuhkan teknologi tinggi untuk mengeksploitasinya.

Berdasarkan hasil pengujian Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat pada 2013 lalu, potensi MNK pada lima cekungan di Indonesia mengandung sumber daya gas dan minyak in-place masing-masing sebesar 303 triliun kaki kubik (Tcf) dan 234 miliar barel minyak (BBO). 

Salah satu potensi sumber daya MNK itu berada pada Sentral Sumatra Basin, di mana Wilayah Kerja (WK) Rokan yang dikelola oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan bagian dari cekungan tersebut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan potensi MNK yang ada di Blok Rokan mencapai 1,28 miliar. Hitung-hitungan itu dapat mengurangi impor minyak domestik  jika dapat dimonetisasi optimal. 

Seperti diberitakan sebelumnya, mitra PT Pertamina (Persero) asal Amerika Serikat, EOG Resources, tengah mengkaji keekonomian proyek migas non konvensional (MNK) di Blok Rokan. 

Wakil Kepala SKK Migas Shinta Damayanti mengatakan kajian keekonomian itu bakal ditentukan lewat uji coba perekahan dan uji alir hidrokarbon di Sumur Gulamo DET-1. 

“Saat ini akan melakukan fracturing yang menentukan tentang keekonomian, klaau hasil pengeborannya bagus balik lagi MNK ini bukan hanya hasilnya tapi untuk keekonomian mereka butuh data,” kata Shinta saat ditemui di Batam, Kamis (4/7/2024).

Di sisi lain, kata Shinta, lembagannya ikut mendukung kegiatan uji coba tersebut bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan kebutuhan air dan pasir. 

Menurut dia, Blok Rokan tidak mengalami kesulitan untuk penyediaan air. Di sisi lain, PHR bersama dengan Badan Geologi telah menyiapkan pasir untuk program tersebut. 

“PHR dan Badan Geologi sudah scouting sand di sekitar area tersebut dan 10 sampel terbaik sudah dikirim ke AS untuk dicek agar bisa support nanti untuk fracturing,” kata dia. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper