Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Blok Baru di Irak, Pertamina Buka Kantor Perwakilan di Timur Tengah

PT Pertamina Internasional EP (PIEP) membuka kantor cabang baru di Timur Tengah, Dubai, Uni Emirat Arab seiring dengan rencana investasi baru blok migas di Irak
Operasi Pertamina di Blok Menzel Ledjmet Nord (MLN), Aljazair/Dok.Pertamina
Operasi Pertamina di Blok Menzel Ledjmet Nord (MLN), Aljazair/Dok.Pertamina

Bisnis.com, BATAM —  PT Pertamina Internasional EP (PIEP) melakukan ekspansi dengan membuka kantor cabang baru di Timur Tengah, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (27/7/2024). 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meyakini kantor cabang di Dubai tersebut bisa menjadi kendaraan PIEP untuk ekspansi dan menciptakan peluang penambahan blok baru di Timur Tengah. 

“Potensi pengembangan bisnis dan peluang penambahan blok baru masih sangat besar dan terbuka lebar. Kami berharap peresmian kantor cabang baru ini bukan hanya sekedar penambahan fasilitas fisik, tetapi juga dapat memberikan nilai tambah dari sisi intangible benefits maupun tangible benefits,” kata Nicke lewat siaran pers, Rabu (3/7/2024). 

Nicke menambahkan, dengan dibukanya kantor ini, kemudahan mendapatkan informasi terkait aset-aset internasional, dan mendukung optimalisasi biaya kegiatan operasional Jakarta – Dubai  ke depan dapat lebih cepat.

“Pembukaan kantor ini tidak hanya untuk menguatkan kapabilitas operasional, namun juga membangun ekspansi bisnis Pertamina grup, membangun supply chain Pertamina, juga sebagai hub pengembangan sumber daya manusia,” kata dia.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Chalid Said Salim mengatakan, kontribusi PIEP terhadap produksi migas subholding mencapai sekitar 20%. Chalid berharap pembukaan kantor itu dapat mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan mitra.

“Mengingat peran regional internasional sebagai pembuka peluang di Timur Tengah sehingga di saat yang bersamaan akan melengkapi upaya Subholding Upstream Pertamina mengoptimalkan sektor dalam negeri," kata Chalid.

Kantor yang berlokasi di Almas Tower ini merupakan perwakilan PIEP ketiga yang berada di luar negeri. Sebelumnya, PIEP telah memiliki PT Pertamina Algeria EP (PAEP) di Algeria, dan PT Pertamina Malaysia EP (PMEP) di Kuala Lumpur yang telah beroperasi sebelumnya.

Sementara itu, Direktur Utama PIEP Jaffee A Suardin mengatakan, pembicaraan awal investasi baru blok migas itu telah dilakukan dengan serius bersama dengan otoritas hulu migas Irak. 

“Kami mengundang otoritas hulu migas Irak, berturut-turut ke Indonesia, untuk mengetahui overview bisnis Pertamina secara langsung. Penjajakan dan komunikasi dengan otoritas hulu migas Irak belakangan berjalan positif,” kata Jaffee.

Secara geografis, pembukaan kantor Dubai membuat perbedaan selisih waktu semakin sedikit sehingga bisa lebih masif untuk menyasar peluang di kawasan Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika. 

Seperti diketahui, di wilayah Timur Tengah Pertamina telah beroperasi di Irak lewat kepemilikan 20% hak partisipasi di Blok West Qurna 1, dan telah memberikan kontribusi sekitar 70% dari total produksi yang dihasilkan PIEP. Blok minyak itu terletak di bagian selatan Irak, dekat dengan kota Basra, 400 kilometer sebelah tenggara Ibu Kota Baghdad.  

Dalam operasinya di West Qurna 1, Pertamina bermitra dengan Petrochina, ITOCHU, Basra Oil Company dan  Oil Exploration Company.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper