Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Dorong Kerja Sama Pemda Antar Negara Dalam Pengelolaan Air

Indonesia mendorong kerja sama pemerintah daerah antar negara dalam pengelolaan sumber daya air di daerah.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian - Dok. Kemendagri.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian - Dok. Kemendagri.

Bisnis.com, BADUNG - Indonesia mendorong kerja sama pemerintah daerah antar negara dalam pengelolaan sumber daya air di daerah.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam sesi Local and Regional Authorities di World Water Forum mengatakan pihaknya mengajak kerja sama pemerintah daerah (Pemda) antar negara dalam praktik terbaik pengelolaan air. Menurutnya, kerja sama antar pemerintah daerah itu bisa dilakukan secara langsung tanpa melalui pemerintah pusat.

"Kita membolehkan Pemda untuk bekerja sama dengan Pemda negara lain untuk sharing best practice sepanjang itu sesuai dengan aturan undang-undang nasional yang berlaku," ujar Tito saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (21/5/2024).

Dia mengakui bahwa setiap negara memiliki sistem pemerintahan dan politik yang berbeda. Namun, menurutnya, kolaborasi menjadi hal krusial dilakukan dalam mengelola sumber daya air.

"Pemerintahan di negara masing-masing tidak sama, ada yang menerapkan sentralisasi, desentralisasi penuh, dan separuh desentralisasi. Tapi tadi saya sampaikan bahwa air tidak kenal sistem, yang penting dia dikelola mau jadi kawan atau lawan?," tutur Tito.

Tito yang juga merupakan mantan Kapolri itu pun memeberikan contoh kepada forum ihwal bagaimana upaya Indonesia mewujudkan ketahanan air mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga ke level pemerintahan desa. Menurutnya, di pemerintah pusat pembangunan infrastruktur air yang membutuhkan dana besar seperti bendungan, irigasi dan pengendali banjir telah dilakukan selama satu dekade pemerintahan Joko Widodo.

Begitupun dengan pemerintah daerah yang melakukan upaya penyediaan akses air bersih melalui APBD. Bahkan, Tito mengklaim, penggunaan Dana Desa juga telah membantu pemerintah Desa dalam mengupayakan ketahanan air di level Desa.

"Tadi saya sampaikan di Indonesia tingkat desa yang jumlahnya sampai 70.000 menggunakan Dana Desa yang kurang lebih mencapai Rp700 triliun sudah dilakukan, di antaranya Dana Desa itu digunakan untuk pembangunan kanal, irigasi, embung dan lainnya termasuk penyediaan toilet," beber Tito.

Senada, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga mendorong pemerintah daerah agar memberikan akses yang setara terhadap air bersih dan sanitasi bagi seluruh masyarakat di wilayahnya.

"Pemerintah daerah harus memastikan seluruh masyarakat mendapatkan akses yang setara, aman, terjangkau, dan memadai untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper