Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum ASA: Pengusaha Pelayaran Bakal Utamakan Kolaborasi

ASA menyebut pengusaha pelayaran Asia bakal mengedepankan kolaborasi untuk menghadapi tantangan industri maritim.
Ilustrasi industri pelayaran. Kapal berlabuh di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi industri pelayaran. Kapal berlabuh di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha pelayaran di Asia akan mengedepankan kolaborasi dalam menghadapi tantangan industri maritim.

Wakil Ketua Umum Asian Shipowners’ Association (ASA) Carmelita Hartoto mengatakan para pengusaha pelayaran berkumpul dalam forum ASA Shipping Dialogue pada 16 April 2024 di Singapura.

Forum ASA Shipping Dialogue (ASD) yang dihadiri sejumlah pemimpin industri pelayaran dunia, pemerintah, petinggi dan tokoh maritim dunia dan regional Asia untuk menyoroti tantangan-tantangan pelayaran di EU-ETS, tantangan transisi kemaritiman yang adil bagi pelaut, dan tantangan keamanan maritim dunia saat ini.

"Melalui forum ini, makin memantapkan komitmen para stakeholder pelayaran regional untuk mengedepankan upaya kolaboratif agar terciptanya industri pelayaran regional Asia dan global yang lebih kondusif," katanya dalam siaran pers, Rabu (17/4/2024).

Dia menuturkan sejumlah isu menjadi perhatian stakeholder pelayaran Asia dalam pertemuan tersebut. Adapun, pertemuan ini merupakan agenda rutin yang digelar ASA.

Carmelita menambahkan selain menyoroti sejumlah tantangan dunia pelayaran regional dan global, ASD 2024 juga menjadi ajang saling bertukar pengetahuan, informasi dan pengalaman antara pemimpin perusahaan pelayaran dunia dan asosiasi pelayaran regional.

Forum ini, lanjutnya, menjadi ajang mempererat kolaborasi yang sudah tercipta antar stakeholder pelayaran regional dalam upaya menciptakan iklim usaha pelayaran tetap kondusif di tengah ketidakpastian ekonomi dunia

Selain itu, keterlibatan seluruh pihak, dari pemerintah, para pelaku usaha pelayaran dan organisasi pelayaran sangat penting dalam ikut menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran di Asia agar tetap aman dan stabil. Sehingga, perdagangan internasional melalui Asia tetap lancar.

“Keterlibatan seluruh pihak sangat penting dalam menjaga keamanan pelayaran di Asia, mengingat Asia berperan penting dalam kelancaran perdagangan dunia,” kata Carmelita.

Dia berharap, forum ini menambah wawasan baru yang lebih mendalam bagi dunia pelayaran regional Asia, sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan pelayaran Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper