Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menperin Gelar Karpet Merah Investasi Apple di Indonesia

CEO Apple Tim Cook dikabarkan bakal berkunjung ke Indonesia esok, pemerintah pun mengharapkan gelontoran investasi produsen iPhone tersebut.
Pengunjung melihat smartphone terbaru Apple, iPhone 15 di Hanam, Korea Selatan pada Sabtu (9/12/2023). - Bloomberg/SeongJoon Cho
Pengunjung melihat smartphone terbaru Apple, iPhone 15 di Hanam, Korea Selatan pada Sabtu (9/12/2023). - Bloomberg/SeongJoon Cho

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik kabar rencana investasi raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc., seiring dengan agenda kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah telah lama berkomunikasi dengan Apple terkait rencana penanaman modal tersebut. Dia pun berharap investasi Apple di RI dapat segera terwujud.

"Ya, mudah-mudahan. Kalau sama Apple kan kita sudah bicara, sudah cukup lama kita bicara, ada kebijakan, ini saya tidak mengatakan kebijakan khusus ya, tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple," kata Agus kepada wartawan di Kantor Kemenperin, Selasa (16/4/2024).

Dia menyebut salah satu kebijakan yang disesuaikan yakni terkait dengan penghitungan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk produk-produk Apple.

Adapun, kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 29/2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet.

"Jadi mereka berkomitmen, dan mereka wajib untuk membentuk infrastruktur pendidikan di Indonesia dan mereka sudah membentuk 3, sudah mau 4 yang disebut dengan Apple Academy," ujarnya.

Menurut Agus, output dari pembangunan Apple Academy cukup baik karena mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) brainware, inovasi untuk aplikasi yang juga dapat mendukung kebutuhan perusahaan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, CEO Apple, Tim Cook sempat dikabarkan akan datang ke Indonesia pada April 2024. Nantinya, Menkominfo Budi Arie dan Tim Cook akan bersama-sama meninjau Apple Academy yang baru di Bali.

Sebelumnya, Apple telah membangun Apple Academy di Banten dan Batam. Pada 2016, Apple menginvestasikan US$44 juta untuk membuat pusat inovasi atau Apple Academy di Indonesia, untuk memenuhi kewajiban tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan ada potensi Apple membuka pabrik di Indonesia. Namun, pihaknya masih melakukan negosiasi lebih lanjut terkait investasi pabrik ini, sehingga belum bisa memastikan lebih lanjut. Negosiasi ini akan dilakukan saat CEO Apple Tim Cook datang ke Indonesia.

Adapun Budi mengatakan akan berusaha sebaik mungkin karena pengguna Apple di Indonesia yang memang cukup banyak. Selain itu, kehadiran pabrik ponsel Apple di Tanah Air akan membuat Indonesia lebih dilihat dunia.

“Ya, besok. Dia [Tim Cook] datang nanti tanggal 17 [April],” kata Budi saat ditemui di Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Meski demikian, Budi tak memberikan informasi detail terkait agenda yang akan dibahas dalam pertemuan dengan Tim Cook. Namun, dia memastikan semua raksasa teknologi dari Negeri Paman Sam akan berkunjung ke Indonesia.

“Yang pasti semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika dan seluruh negara dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok ada kekejutan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper