Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masa Arus Balik Mudik, Volume Lalin Ruas Tol Luar Pulau Jawa Naik Drastis

Masa arus balik mudik, tol luar Pulau Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi pun mengalami peningkatan lalu lintas.
Salah satu ruas Tol Manado-Bitung./Kementerian PUPR
Salah satu ruas Tol Manado-Bitung./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA- Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Pulau Jawa pada H+3 lebaran atau Sabtu (13/4/2024) lalu. 

Adapun, volume lalin di ruas Tol Balikpapan-Samarinda tercatat sebanyak 21.659 kendaraan melintas atau naik 104,2% dibandingkan kendaraan di hari normal sebanyak 10.601 kendaraan. 

Untuk wilayah Sumatra Utara, tercatat 21.308 kendaraan melintasi ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, meningkat 56,4% dibandingkan lalu lintas harian normal 2024 sejumlah 13.628 kendaraan.  

Sementara itu, ruas Tol Manado-Bitung, tercatat sebanyak 8.874 kendaraan melintas, meningkat 64,3% dibandingkan harian normal 2024 sebanyak 5.402 kendaraan.  

Di sisi lain, volume kendaraan di ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, tercatat sebanyak 47.031 kendaraan melintas, meningkat 8,6% dibandingkan harian normal 2024 sebanyak 43,306 kendaraan.  

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan. 

Jika lelah berkendara, segera beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terdekat dan manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya. 

Pengguna jalan  di Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dapat beristirahat di TIP yang berada di Km 65 di kedua arah. 

Sementara itu, pengguna jalan untuk Ruas Tol Balikpapan-Samarinda, dapat melepas lelah di TIP yang berada di Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan 

Sedangkan pengguna jalan di Ruas Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan TIP yang berada di Km 17 arah Bitung dan Km 3 arah Manado.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper